my best friend!

my best friend!

Monday, November 5, 2012

DEMO MAHASISWA


Huru hara akhir-akhir ini makin memuaskan hasrat para pencari berita begitu mudahnya mereka mendapatkan informasi para pendemo yang menentang kenaikan BBM, mahasiswa contohnya banyak pantauan yang sudah masuk ke lemari brangkas intenet tinggal pilih.
Ada mobil yang terbakar di karenakan di rusak oleh pendemo dan genre itu mahasiswa, lalu saking keselnya para aparat ingin memberlakukan adanya tembak di tempat untuk para pendemo namun hal itu di urungkan, untungnya.
Ban motor atau mobil di bakar lalu menimbulkan api besar, adanya teater yang mengisahkan sosok pemimpin dan rakyat lalu adanya spanduk dan poster yang bermacam-macam bentuk tulisan dengan macam kostum pula. itulah warna setiap kali ada demo besar kadang tak luput dari pengrusakan fasilitas umum seperti mobil dinas pemerintah lalu fasilitas gedung jika tak ada polisi yang menghadang mungkin bakalan habis tersambar amarah para pendemo semuanya.
Lalu timbul di benak saya sebenernya DEMO itu apa sih arti sesungguhnya? apa sih yang di inginkan para pendemo? apakah pemandangan itu selalu ada dan di akhiri dengan anarkisme.?

Sekilas tentang demonstrasi itu sendiri..
Unjuk rasa atau demonstrasi (”demo“) adalah sebuah gerakanprotesyang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum. Unjuk rasa biasanya dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok tersebut atau penentang kebijakan yang dilaksanakan suatu pihak atau dapat pula dilakukan sebagai sebuah upaya penekanan secarapolitikolehkepentingan kelompok.
Unjuk rasa umumnya dilakukan oleh kelompokmahasiswayang menentang kebijakanpemerintah, atau paraburuhyang tidak puas dengan perlakuanmajikannya. Namun unjuk rasa juga dilakukan oleh kelompok-kelompok lainnya dengan tujuan lainnya.
Unjuk rasa kadang dapat menyebabkan pengrusakan terhadap benda-benda. Hal ini dapat terjadi akibat keinginan menunjukkan pendapat para pengunjuk rasa yang berlebihan.
Bagaimana pendapat anda dengan demo ini, sesungguhnya sih sulit untuk mengecap mana yang baik dan mana yang tidak baik, tapi citra demo sendiri untuk saat ini mulai kurang seperti kehilangan jiwanya dalam mengeluarkan aspirasinya, lebih banyak kurangnya dari pada mengena untuk dapat tujuanya gitu loh. hemmm sampai kapan negri ini mengerti akan situasi ini yah.
Semoga saja makin di kurangi anarkisme di negri ini, dan media makin sedikit berita tentang hal ini agar tak menambah dampak negatif di kemudian hari

Penyebab
Biasanya dikarenakan masalah sepele seperti salah paham atau kesirikan dari masing-masing universitas itu sendiri.

Seperti apa demo yang baik
Tidak rusuh , tidak makan korban , anspirasi yang tersampaikan.

Seperti apa tanggapan yang diinginkan
Tanggapan yang positif atau tanggapan yang bisa diterima di masyarakat.

Solusi
Sebaiknya dirundingkan atau di bicarakan secara baik-baik karena itu bisa mendapatkan hasil atau solusi yang baik.

sumber : www.statistikawan.com/2009/12/mengulas-demonstrasi-mahasiswa-di.htmla
http://jayboana.blogdetik.com/2012/03/29/apasih-arti-demonstrasi-sesungguhnya/

1 comment:

  1. Blogwalking... nyasar ke tempat ini...

    Di eropa biasanya demo berjalan damai karena pihak yang didemo pun biasanya merespon tuntutan pendemo, kalo di negeri ini kan kayaknya kalo demo damai apalagi jumlahnya sedikit biasanya ga direspon XD

    ReplyDelete