my best friend!

my best friend!

Friday, November 12, 2010

Selasa, 29 September 2009

animasi jepang vs animasi amerika

Program televisi kenangan masa lalu terdiri dari sebagian besar dari pendidikan besar acara seperti Sesame Street dan The Friendly Giant, tetapi juga terdiri dari kartun klasik tahun 1980-an seperti Transformers dan GI Joe. Menyebutkan kedua kartun untuk orang lain di akhir usia belasan atau awal dua puluhan dan wajah mereka akan menyala, mengenang pada menyenangkan mereka tumbuh dengan tindakan tersebut / petualangan menunjukkan. Namun, mintalah setiap orang dewasa pada usia empat puluhan atau lima puluhan tentang acara-acara ini dan mereka akan menjawab dengan "Semua kekerasan di TV ... apa malu." atau "Maaf, aku tidak menonton mereka kiddie shows." Ini adalah tanggapan khas di Amerika, di mana animasi telah berkembang menjadi sebuah industri bertujuan, lebih atau kurang, pada anak-anak. Di Jepang, hasil yang sama sekali berbeda telah terjadi dalam evolusi dari industri animasi Jepang, di mana penonton utama terdiri dari orang berusia satu sampai seratus. Tujuan saya dalam penulisan ini adalah untuk membandingkan dua dan berusaha untuk alasan mengapa mereka telah berevolusi mereka seperti yang mereka lakukan.
Sebagian besar dari kita akan mengingat era Disney Steamboat Willie diawali dengan pendek, memperkenalkan karakter Mickey Mouse. Animasi dikembangkan di seluruh bagian awal abad ke-murni dalam bentuk klip pendek 6-8 menit, baik dari Warner Brothers dan Disney studio, dengan panjang aneh-fitur lengkap seperti Snow White. Kebanyakan dari celana pendek ini dirancang untuk menjadi komik, untuk menghibur para penonton melalui dagelan komedi dan kejenakaan di mana karakter bisa dipotong menjadi dua dan kemudian benar-benar menarik diri bersama-sama dan akan baik-baik saja selama animasi pendek. Kartun ini berkembang menjadi kabur pendek untuk penonton dari dunia keras depresi, dan kemudian dari Perang Dunia II. Namun, sensor yang kuat dalam periode ini, dan banyak adegan film yang dipotong, bahkan berjalan begitu jauh dengan memotong dan ciuman antara Petunia Porky Pig dalam pendek 1939 (dimana ciuman antara aktor-aktor hidup dapat diterima di era). Kritikus bahkan melangkah lebih jauh dengan humanisme mengkritik berlebihan digambarkan dalam film tahun 1950 Cinderella. Reviewer dari Time dan The Saturday Review majalah kecewa dengan film seperti itu "mewakili jumlah yang sangat besar karakter manusia", merasa bahwa "itu memberikan semacam realisme yang harus asing bagi animasi.
Dari sini, animasi Amerika, atau lebih umum disebut sebagai "kartun", menjadi suatu pelarian dari realisme. Menjadi konservatif "beradab" masyarakat Amerika, kartun penonton utama menjadi anak-anak, karena akan dianggap "kekanak-kanakan" untuk orang dewasa untuk melihat fitur animasi & celana pendek. Tujuan utama dari industri menjadi tidak hanya untuk menjual kursi teater dan tempat-tempat komersial, tetapi juga menjual barang dagangan. Meskipun hal ini mungkin tampak sebagai konsep yang relatif baru dalam masa keemasan ekonomi pada 1990-an, th 5.000.000 arloji Mickey Mouse diproduksi 61 tahun yang lalu, pada tahun 1948. Pada tahun itu saja, diharapkan bahwa "membawa barang wajah karakter Disney akan membawa gross ritel $ 100 juta ".... in 1948. pada tahun 1948. Dewasa ini, sangat langka untuk dapat menyaksikan seluruh episode dari X-Men atau Spiderman tanpa melihat sebuah iklan untuk sebuah action figure tertentu. Hal ini menjadi tujuan utama dari kartun di Amerika, dan aku mengakui menyerah secara pribadi saya sudah hampir 30 Transformers dengan usia 12 tahun, menjadi korban dari perusahaan komersial yang sangat besar yaitu industi kartun. Pada kenyataannya, hampir tidak mungkin untuk menjual action figures hari ini tanpa acara televisi animasi, atau fitur, untuk membantu menjualnya. Akibatnya, kartun telah menjadi 23 menit-iklan lama untuk angka tindakan mereka. Airtime juga penting, karena, dengan pengecualian anak-anak dan kartun jaringan, sebagian besar kartun dapat ditemukan baik pada hari Sabtu pagi, atau di sekolah setelah waktu-slot, dimana anak-anak yang paling mungkin menonton televisi.
Juga umum di animasi pengaruh agama, karena peradaban Barat pada dasarnya merupakan suatu budaya Yudeo-Kristen, di mana kita kebanyakan monoteistik, dan menemukan kenyamanan dalam mendirikan sebuah "baik" dan "buruk". Tema ini hadir di hampir semua seri animasi Amerika, di mana ada "baik" pahlawan / tim, dan ada sebuah "jahat" penjahat / kriminal. Garis membagi dua kuat dan tidak pernah memudar. Tema monoteisme hadir dalam bahwa ada satu "benar" jawaban untuk suatu masalah, satu Kebenaran.
Akhir-akhir ini, beberapa studio Amerika telah memproduksi kartun bertema dewasa, dengan contoh terbaik ini menjadi The Simpsons. Sementara tampaknya mulai sebagai formula komedi situasi keluarga yang animasi, The Simpsons mempertahankan popularitasnya untuk menjadi seperti yang tak terduga seperti animasi, seperti menggunakan payung besar untuk memblokir sinar matahari, atau memiliki berhala muncul pada comeback badut istimewa. Dan selalu ada satu hal yang kita dapat memperoleh penghiburan dalam, dan itu usia yang konsisten karakter. Bart sudah 10 tahun, Lisa telah 8, dan sedikit Maggie telah mengisap dot-nya selama hampir satu dekade. Lebih dewasa bertema kartun muncul di industri media Amerika, terutama King of the Hill, Duckman, dan South Park (yang, secara teknis tidak animasi, tapi masih dibuat menggunakan kardus simulasi komputer-cut-out). Semua seri ini mengolok-olok kehidupan Amerika baik sebagai seorang anak di sebuah kota kecil, atau sebagai keluarga bebek, dalam upaya untuk menghibur para penonton untuk menjual ruang komersial.
Dan ada satu hal yang lazim di hampir semua Ò animasi Amerika itu adalah episodik. Episode setelah episode, kembali karakter utama tidak berubah dan tidak terpengaruh oleh kejadian episode sebelumnya. Selalu mungkin untuk melewatkan sebuah episode di sini dan di sana, atau menonton episode rusak, dan tidak pernah akan hilang.
Singkatnya, animasi Amerika terutama ditujukan pada anak-anak, mempromosikan pandangan Yahudi-Kristen bahwa ada "baik" dan sisi "buruk" sisi, dengan satu "benar" menjawab pada akhirnya. Hal ini episodik sehingga anak-anak akan tidak perlu khawatir ketinggalan episode yang aneh, dan tidak harus mengikuti alur cerita yang kompleks atau pengembangan karakter biasanya hadir dalam seri '. Hal ini dirancang untuk melarikan diri dari realitas dunia yang keras, dari mana kita semua ingin melindungi anak-anak kita.
Di sisi lain, animasi Jepang agak berbeda. Sering disebut sebagai anime (pengucapan ah-knee-mungkin), itu adalah bentuk media massa yang memiliki penonton dari segala usia. Saya melihat itu hanya sebagai kendaraan lain untuk mengirim pesan yang sama dan memberikan hiburan yang sama yang live-action film lakukan, selain mempertimbangkan salah satu genre industri.
Kebanyakan anime berdasarkan manga, versi Jepang dari komik. Penulis membuat cerita-cerita mereka dalam rangkaian gambar diam bahwa, jika strip cukup populer, kemudian dibawa ke kehidupan. Komik strip di Jepang, namun, berasal dari era pasca-Perang Dunia II ketika Amerika strip diimpor ke Jepang. Format ini sangat populer, dan tak lama kemudian penulis Jepang mulai menciptakan strip mereka sendiri. Sementara ada strip mingguan khas menusuk menyenangkan di kehidupan keluarga, strip lain juga menjadi populer yang diikuti orang-orang di perjalanan. Cerita seperti itu, bagaimanapun, adalah kebanyakan serial, di mana pembaca harus membaca setiap strip untuk melacak apa yang terjadi di dalam cerita. Format ini menjadi sukses dalam arti komersial, seperti orang harus terus membeli koran atau majalah berikutnya untuk mengikuti cerita.
Sementara selalu ada banyak imajinasi yang terlibat dalam menciptakan cerita-cerita seperti itu, banyak alur cerita anime menemukan akar mereka di common agama Shinto Jepang. Shinto dapat digambarkan sebagai agama yang tidak teratur, di mana tidak ada satu Allah, tetapi banyak cerita tentang orang-orang luar biasa dan hal-hal yang disembah sebagai dewa. Mana nilai-nilai Kristen-Yahudi sangat tidak menyarankan (meletakkan ringan) hubungan homoseksual dan out-of-nikah kehamilan, satu-satunya kode moral umum dalam Shinto adalah kebersihan. Masyarakat Jepang jauh lebih liberal dalam hal penyensoran dan sikap sosial dari masyarakat Amerika. Dari sini, tidak hanya terdapat banyak cerita animasi yang berkaitan dengan legenda Shinto, tapi banyak cerita yang mengeksplorasi "tabu" (yah, mereka akan tabu dalam pengertian Amerika) hubungan sosial antara orang-orang sebagai akibat dari masyarakat yang berakar pada Shinto.
Tema lain datang dari perbedaan agama ini adalah bahwa kematian itu sendiri sering ditampilkan dalam anime. Tidak hanya dalam karakter aneh yang ditambahkan untuk efek, seperti Star Trek dan mereka "phaser umpan", tetapi Jepang terkejut penonton tidak pernah menemukan favorit mereka membunuh karakter utama. Hal ini karena kematian terhormat dalam Shinto, terutama jika ada tujuan mulia di salah satu kematian. Contoh ini akan menjadi pilot kamikaze Perang Dunia II, yang dianggap terhormat pengorbanan dalam arti bahwa mereka berusaha untuk mengambil lebih dari musuh dalam suatu manuver. Perasaan Barat dalam masyarakat, bagaimanapun, adalah bahwa kematian itu harus dihindari di semua biaya, dan karenanya menjadi "tabu" subjek dalam media kita.
Salah satu pendorong utama di balik popularitas animasi Jepang adalah seberapa luas materinya. Ada serial samurai pengembara, ruang petualangan, komedi slapstick, dan bahkan opera sabun. Meskipun tidak sepenuhnya realistis dalam menggambarkan kehidupan di Jepang, banyak seri yang menggambarkan karakter manusia dan kehidupan mereka, tetapi lebih sebagai pelampiasan fantasi penonton. Hal lain yang saya temukan menarik adalah bahwa rangkaian premis tidak pernah jelas, dan akan hampir selalu memiliki semacam detail aneh untuk pergi bersama dengan cerita yang tampak normal. Salah satu contoh, sebuah seri komedi-roman yang disebut Orange Road Kimagure berfokus pada cinta segitiga yang berkembang antara seorang remaja laki-laki dan dua sahabat perempuan. Yang aneh mengenai cerita ini adalah bahwa remaja laki-laki dan keluarganya memiliki kekuatan ESP. Cerita ini unsur Namun, bukanlah fokus utama cerita, tetapi digunakan sebagai wahana untuk mengisi cerita, menyediakan beberapa bahan untuk pengembangan karakter, dan bahkan memberikan bantuan pada saat komik ketegangan. Twist plot aneh lain hadir dalam seni bela diri-seri petualangan Ranma á di mana karakter utama menjadi terkutuk di episode pertama saat ia menjadi seorang wanita ketika disiram dengan air dingin.
Seperti disebutkan di atas, banyak anime hanya itu, seri. Dengan alur cerita yang terus-menerus, dengan plot twists dan pengembangan karakter, dan menurut pendapat saya, membuat mereka lebih menarik untuk diamati. Si pengamat tidak dapat hanya duduk diam dan mengharapkan karakter untuk semua akan sama seperti episode sebelumnya, dan mungkin kehilangan sesuatu jika mereka gagal untuk menangkap sebuah episode atau dua. Ada beberapa seri pilih yang episodik, dan cukup menghibur, tetapi yang lebih populer adalah mereka yang menunjukkan cengkeraman para penonton dari awal sampai akhir.
Juga berakar pada Shinto, banyak seri tidak pernah jelas menarik garis antara "baik" dan "jahat". Karakter sering beralih dari satu sisi ke sisi lain, beberapa karakter dapat keduanya, dan beberapa karakter dapat keduanya. Sebuah motif karakter mungkin "baik", tetapi metode mereka adalah "jahat", dan sebaliknya. Hal ini juga memungkinkan untuk memiliki dua belah pihak hadir dalam pertempuran, dengan tidak menjadi "baik" atau "buruk". Ini menebak titik lain minat animasi Jepang.
Desain karakter sangat berbeda dalam anime ini sangat berbeda dari kartun Amerika. Banyak karakter dalam bentuk manusia, sebagai lawan dari binatang atau robot sering hadir dalam film kartun. Animasi Jepang, Namun, biasanya menggunakan desain wajah sederhana untuk membedakan karakter segera. Karakter emosional yang lebih cenderung memiliki mata yang lebih besar, hidung kecil, dan mulut kecil. Yang "orang jahat" dari cerita ini sering digambar dengan mata yang lebih kecil, dan mulut yang lebih besar (sering digunakan untuk gila tawa, dalam hal ini mulut yang lebih besar memiliki efek yang lebih besar). Warna rambut sering liar di anime juga. Rentang warna dari hitam menjadi merah muda untuk pirang ke biru. Teknik ini digunakan lebih untuk membedakan antara karakter daripada ciri-ciri kepribadian, meskipun sangat sering karakter dengan rambut pirang lebih "jahat" dalam motif dari sisa karakter.
"Tapi saya pikir itu semua seks dan kekerasan?". Ini adalah pendapat dimiliki oleh kebanyakan orang Amerika tentang masalah animasi Jepang. Tapi itu sama dengan mengatakan bahwa televisi Amerika hanya terdiri dari opera sabun dan tak bermutu talk show jika Anda membatasi lihat untuk siang hari televisi. Pendapat ini hasil dari fakta bahwa sebagian besar perusahaan yang menerjemahkan dan mendistribusikan anime ke Amerika pada awalnya hanya serial impor mereka berpikir akan menjualnya dengan kerumunan orang dewasa, seri yang melibatkan seks dan / atau kekerasan. Aku harus mengakui, aku dulu punya pendapat ini juga. Setidaknya, sampai aku menjadi besar terkena "bawah tanah" yang dikenal masyarakat sebagai fansubbing. Selama beberapa tahun terakhir, sejumlah kecil sangat murah hati Amerika telah mengimpor rekaman video dan laser disc dari seri anime tidak (belum) lisensi untuk distribusi di Amerika. Mereka terutama seri impor yang menarik bagi khalayak umum dengan alur cerita yang mengalir dan pembangunan karakter. Alasan utama mengapa judul-judul ini tidak (belum) lisensi untuk distribusi di Amerika adalah bahwa sebagian dari seri ini berjalan lebih dari lima puluh episode panjang, dan distributor Amerika takut kehilangan uang pada rangkaian panjang perasaan bahwa dukungan kipas pada akhirnya akan tumbang. Fansuber kemurahan hati yang berasal dari menghabiskan berjam-jam, berhari-hari, kadang-kadang minggu menerjemahkan dan Subtitling materi dan memberikan itu kepada penggemar di biaya pengiriman plus rekaman. Ya, ini secara teknis ilegal, namun kode etik yang kuat hadir di mana tidak ada seorang pun akan mengasosiasikan dirinya sendiri dengan rangkaian yang telah diakuisisi oleh perusahaan Amerika untuk distribusi. Bahkan, banyak produsen Jepang melihat ini bukan sebagai komunitas bawah tanah sekelompok penyelundup minuman keras, tetapi lebih sebagai sekumpulan konsumen baru dan tak terduga yang berhubungan dengan barang dagangan seperti mainan, stationary, dan musik CD (Menjual menunjukkan bahwa lebih penting barang dagangan seperti setiap Seri ini kemudian dirilis pada laser disk dan video kaset). Masyarakat Jepang juga melihat itu sebagai suatu cara untuk mempromosikan pertukaran budaya di dunia Barat, berharap mereka dapat tetap berhubungan dengan orang Amerika dari warisan Jepang serta menjangkau kita semua. Yang menarik, perusahaan terbaru untuk melompat ke atas distribusi anime kereta musik adalah Disney sendiri. Mereka baru-baru ini memperoleh lisensi untuk mendistribusikan semua fitur-judul panjang yang dihasilkan oleh legendaris (di Jepang) Studio Ghibli, semua diarahkan oleh legendaris (di Jepang) Hayao Miyazaki. Judul pertama akan dibebaskan, melalui Buena Vista Home Video awal September, adalah Kiki's Delivery Service, yang datang dari-usia-cerita tentang seorang penyihir yang melakukan perjalanan ke kota besar untuk menemukan tujuan hidup-nya. Ini adalah kisah hati ringan, cocok dengan ideologi Disney baik. Namun, kedua mereka rilis, dijadwalkan untuk awal 1999, adalah Princess Mononoke. Meskipun saya belum melihat halaman ini, saya telah mendengar banyak tentang hal ini. Hal ini, seperti yang aku bilang, sebuah kisah yang berpusat di lingkungan sekitar yang melibatkan beberapa kekerasan, banyak tindakan, dan membawa pesan yang kuat. Seperti film ini tidak akan cocok dengan "Disney" name, itu akan dirilis melalui Miramax Films, sebuah anak perusahaan Disney. Tapi kenyataannya tetap, perusahaan Amerika besar dikenal sebagai Disney membeli untuk budaya Jepang.
Seperti banyak orang Amerika lainnya, seperti terlihat dalam pertumbuhan eksponensial anime industri distribusi dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan memperoleh iman dalam seri lagi, memproduksi lebih dari satu seri pada satu waktu, dan mengimpor lebih baru judul. Masih ada satu kendala utama kiri, bagaimanapun, dan itu adalah penetrasi TV. Saat ini, hanya Sailor Moon dan Dragon Ball cukup banyak satu-satunya seri Jepang televisi Amerika. Ini sangat mungkin disebabkan oleh kenyataan bahwa penonton ditargetkan mereka sama dengan sisa kartun Sabtu pagi, dan Tokyo bisa saja menjadi nama sebuah tanah fantasi untuk anak-anak. Namun, racier kartun Amerika seperti The Simpsons telah membuka pikiran Amerika dengan kekuatan imajinatif dan potensi animasi. Mungkin suatu hari nanti akan anime secara umum diterima sebagai bentuk hiburan di Amerika, dan tidak lagi terbatas pada mahasiswa dan konvensi komik.

Sumber :
- Lorimer, Rowland dan McNulty, Jean. Massa Komunikasi Dalam Kanada. Oxford University Press, Toronto CANADA, 1996.
- Smoodin, Eric. Animating Budaya: Hollywood Kartun dari Sound Era. Rutgers University Press, New Jersey USA, 1993.
- Levi, Antonia. Samurai from Outer Space: Memahami Animasi Jepang. Open Court Publishing, Chicago USA, 1996.

Pioneer Ciptakan Disk Kapasitas 400 GB

Berbagai perusahaan teknologi tampaknya berlomba mengembangkan media penyimpanan dengan kapasitas yang makin meraksasa. Contohnya saja perusahaan elektronik Jepang, Pioneer yang mengumumkan sedang mengembangkan sebuah optical disc dengan kapasitas super besar, yakni 400 GB. Belum ada sebuah cakram disk dengan kapasitas sebesar itu saat ini di pasaran.
Pioneer memaparkan, disk besutannya itu punya 16 lapisan dengan masing-masing lapisan mampu memuat data sebesar 25 GB, sama dengan kapasitas satu sisi disk Blu ray. Disk Pioneer itu juga dinyatakan kompatibel dengan pemutar Blu ray.
Seperti diinformasikan InformationWeek dan detikcom, Pioneer menyatakan latar belakang dibuatnya disk itu adalah makin besarnya kebutuhan media penyimpanan berkapasitas besar.
"Pengembangan disk ini meningkatkan kepercayaan diri Pioneer dalam hal pengembangan optical disk kapasitas raksasa. Di masa depan, produk semacam ini bakal makin penting keberadaannya," demikian pernyataan Pioneer.
Pioneer berencana merilis detail teknologi disk tersebut dalam kesempatan International Symposium on Optical Memory and Optical Data Storage yang berlangsung tanggal 13 Juli di Hawaii. Belum dinyatakan pasti kapan disk tersebut akan dilempar ke pasaran komersial. [Ketok]
Tags: , ,

sumber:http://computerhardware.2tech.biz/tag/optical-disc/

Bagaimana Hard Drive Bekerja

Saat sebuah sistem operasi mengirimkan data kepada hard drive untuk direkam, drive tersebut memproses data tersebut menggunakan sebuah formula matematikal yang kompleks yang menambahkan sebuah bit ekstra pada data tersebut. Bit tersebut tidak memakan tempat: Di kemudian hari, saat data diambil, bit ekstra tersebut memungkinkan drive untuk mendeteksi dan mengkoreksi kesalahan acak yang disebabkan oleh variasi dari medan magnet di dalam driver tersebut.

Kemudian, drive tersebut menggerakkan head melalui track yang sesuai dari platter tersebut. Waktu untuk menggerakkan head tersebut dinamakan "seek time". Saat berada di atas track yang benar, drive menunggu sampai platter berputar hingga sector yang diinginkan berada di bawah head. Jumlah waktu tersebut dinamakan "drive latency". Semakin pendek waktu `seek` dan `latency`, semakin cepat drive tersebut menyelesaikan pekerjaannya.

Saat komponen elektronik drive menentukan bahwa sebuah head berada di atas sector yang tepat untuk menulis data, drive mengirimkan pulsa elektrik pada head tersebut. Pulsa tersebut menghasilkan sebuah medan magnetik yang mengubah permukaan magnetik pada platter. Variasi yang terekam tersebut sekarang mewakili sebuah data.

Membaca data memerlukan beberapa proses perekaman. Drive memposisikan bagian pembaca dari head di atas track yang sesuai, dan kemudian menunggu sector yang tepat untuk berputar di atasnya. Saat spektrum magnetik tertentu yang mewakili data Anda pada sector dan track yang tepat berada tepat di atas head pembaca, komponen elektronik drive mendeteksi perubahan kecil pada medan magnetik dan mengubahnya menjadi bit. Saat drive tersebut seleai mengecek error pada bit dan membetulkannya jika perlu, ia kemudian mengirimkan data tersebut pada sistem operasi.

>"><>

Interface hard drive secara sederhana adalah hardware yang mengelola pertukaran data antara komputer dan hard drive Anda. Anda biasanya menghadapi satu jenis interface pada PC yang beredar: Advanced Technology Attachment, yang juga dikenal sebagai interface ATA (atau IDE, integrated device electronic). Hard drive yang menggunakan interface ini biasanya datang dengan berbagai macam rasa, seperti Ultra ATA, Ultra DMA, atau EIDE, tergantung dari vendor yang Anda kunjungi. Interface terpopuler kedua adalah SCSI (small component system interface), yang banyak digunakan pada drive untuk server dan komputer Apple Macintosh jenis lama.

Interface ATA pertama mendukung sebuah transfer rate maksimum sebesar 8,3MB per detik. ATA-2 meningkatkan troughput maksimum menjadi 16,6MB per detik. Walau belum menjadi standar resmi, Ultra DMA-33 dan Ultra DMA-66 secara umum telah diterima oleh industri hard drive menjadi interface dengan kecepatan transfernya maksimumnya, secara berurutan, 33MB per detik dan 66MB per detik. Baru-baru ini Seagate mengumumkan telah mulai mengapalkan drive Barracuda ATA III dengan interface Ultra ATA-100 yang target utamanya untuk menggantikan interface SCSI pada server RAID (redundant array of independent disk).

>"><>

IBM PC-XT jenis awal datang dengan hard drive pertama yang diproduksi massal: sebuah drive dengan platter berdiameter 5,25 inci berkapasitas 10MB--yang *wow* sangat besar saat itu. Dua puluh tahun kemudian, hard drive terbaru dengan platter berdiameter 3,5 inci dapat menyimpan data hingga 70GB. Drive 2,5 inci yang lebih kecil pada notebook dapat menyimpan data hingga 25GB. Dan sebuah Microdrive berdiameter 1 inci yang didesain untuk kamera digital, player, dan komputer handheld yang dapat menampung data hingga 1GB. Bersamaan dengan transisi pengecilan ukuran drive dan kapasitas yang lebih besar telah menurunkan biaya penyimpanan per megabyte secara dramatis, sehingga drive berkapasitas besar pun dapat dimiliki oleh pengguna komputer biasa.

Anda dapat membeli hard drive yang didesain khusus untuk tiga penggunaan yang berbeda: PC desktop, komputer notebook, dan server. Atribut yang membedakannya bukan pada kapasitasnya--walau lebih banyak lebih bagus--tetapi pada faktor lain yang menentukan kinerja: kecepatan motor drive, memori on-board, interface drive, dan konsumsi daya.

>"><>

Harga menjadi hal terpenting pada pasar konsumen desktop. Sebuah sistem komputer yang dibangun dari bawah mungkin menyertakan sebuah drive berkecepatan 5400-rpm dengan interface IDE, mewakili titik manis dari kurva harga-berbanding-kinerja (price-performance), dengan harga di bawah US$300 untuk jumlah ruang penyimpanan yang lumayan banyak. Workstation berkinerja tinggi biasanya disertai drive 7200-rpm, dan di tahun depan kecepatan 10.000-rpm merupakan hal yang biasa.

Pada pasar komputer notebook, hal yang terpenting adalah konservasi daya. Drive yang berputar lambat mengurangi konsumsi daya hard drive terhadap batere laptop. Daya penyimpanan pada drive notebook ketinggalan jauh dibanding pada drive untuk desktop, karena ukuran platternya yang kecil.

Pada pasar server, tujuan terpentingnya adalah kinerja. Pada sebuah server komersial yang menangani penjualan online, sebagai contoh, drive harus dapat menangani banyak permintaan data pada sector yang berbeda secepat mungkin. Di sini, Anda akan lebih banyak menemui drive dengan interface SCSI (yang di set-up dalam sebuah jajaran RAID) berputar pada kecepatan 10.000-rpm, dan drive berkecepatan putar hingga 15.000-rpm telah mulai menampakkan dirinya. Drive tersebut memiliki beberapa kelemahan, seperti panas yang dihasilkan lebih tinggi serta lebih berisik dibanding drive biasa.
>"><>

Dalam tiga tahun terakhir, harga hard drive telah terjun bebas walau kapasitasnya semakin meningkat. Vendor-vendor mengingatkan bahwa mereka telah menghilangkan biaya yang tidak perlu dari drive dengan integrasi komponen elektronik, mengurangi jumlah komponen, dan meningkatkan reliabilitas. Dengan 150 juta drive yang akan dipasarkan pada tahun ini dan perkiraan 200 juta lagi pada dua tahun ke depan, pasar yang sudah sangat besar ini tampaknya akan terus berkembang.

Sistem desktop berharga di bawah US$1000 biasanya menawarkan drive 8GB atau lebih besar, yang merupakan nilai minimum yang harus Anda dapatkan pada kebanyakan sistem. Untuk desktop kelas menengah dengan kisaran harga di sekitar US$1500, hard drive berkapasitas 40GB lebih sering ditemui. Tetapi satu vendor memperkirakan, dalam lima tahun ke depan, proporsi dari harga komputer yang dialokasikan untuk hard drive akan meningkat sedikit. Biaya untuk komponen lain akan turun sementara biaya untuk hard drive terjaga konstan. Hal itu bukanlah suatu kabar buruk: Saat kapasitas meningkat, biaya per megabytenya cenderung menurun.

Bila Anda cukup puas dengan sistem desktop Anda saat ini, tetapi hanya ingin meningkatkan kapasitas penyimpanan disk Anda, tambahkan saja sebuah hard drive baru. Kecuali jika Anda membeli drive untuk server besar yang teronggok di kantor, drive popular saat ini mampu memberikan kinerja yang memuaskan (dengan kecepatan putar 5400 hingga 7200-rpm) dan kapasitas yang cukup (20GB-40GB) untuk uang yang Anda keluarkan. Saat tulisan ini dibuat, di toko komputer online dapat Anda temukan hard drive dari Maxtor DiamondMax 30GB dengan harga di bawah US$200. Sementara dengan uang sebesar US$260 Anda dapat memperoleh sebuah drive Maxtor berkapasitas 40GB. IBM menjual drive berkapasitas 75GB, yang ditujukan bagi server enterprise dengan harga berkisar US$500.

Saat Anda membeli drive baru, Anda dapat melihat bahwa vendor dan toko biasanya lebih mengobral "maximum transfer rate" atau "burst speed" dari drive mereka. Nilai tersebut tidak berarti apa-apa; mereka hanya menggambarkan spesifikasi dari interface drive tersebut. Biasanya nilai tersebut digunakan sebagai propaganda pemasaran; pada umumnya, drive Anda tidak akan mencapai tingkat kecepatan maksimum tersebut.

>"><>

Berdasarkan pengembangan komersial dari head giant magnetoresistive (GMR) yang memberi kekuatan pada drive berkapasitas besar saat ini, kapasitas drive berlipat dua setiap 18 bulan. Dalam lima tahun ke depan, teknologi GMR akan mampu melipat-duakan kapasitas hard drive setiap 12 bulan.

Lebih jauh lagi, vendor harus mencari cara untuk melawan hukum fisika dan mempelajari bagaimana membuat platter yang lebih mulus dan head yang lebih kecil. Salah satu tantangan terbesar akan menyangkut pada titik yang dinamai batas super-paramagnetik, dimana ukuran bit dari drive akan sangat kecil sehingga fluktuasi termodinamik dapat menyebabkan kehilangan data. Dan beberapa perusahaan penyimpanan saat ini bergerak untuk mencari jenis penyimpanan terbaru. Walau begitu, menurut salah satu vendor hard drive, masa depan industri ini sangatlah cerah--terutama bagi para konsumennya.

No comments:

Post a Comment