my best friend!

my best friend!

Friday, November 12, 2010

Rabu, 25 November 2009

sistem informasi manajemen terhadap komputer.

1. PENDAHULUAN

Sistem informasi keseluruhan tidak hanya terdapat dalam Sistem informasi manajemen, karena tidak semua informasi di dalam organisasi dapat dimasukkan secara lengkap ke dalam sebuah sistem yang otomatis. Aspek utama dari sistem informasi akan selalu ada di luar sistem komputer.
Di dalam usaha Pengembangan Sistem informasi manajemen yang canggih dengan berbasis komputer memerlukan orang-orang yang mempunyai ketrampilan tinggi dan berpengalaman lama dan memerlukan partisipasi dari para manajer organisasi. Karena banyak organisasi yang gagal membangun Sistem informasi manajemen disebabkan karena :
Pertama, Kurangnya organisasi yang wajar
Kedua, Kurangnya perencanaan yang memadai
Ketiga, Kurangnya personil yang handal
Keempat, Kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat.

Sistem informasi manajemen yang baik adalah Sistem informasi manajemen yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artinya SIM akan menghemat biaya, meningkatkan pendapatan serta tak terukur yang muncul dari informasi yang sangat bermanfaat.
Organisasi harus menyadari apabila mereka cukup realistis dalam keinginan mereka, cermat dalam merancang dan menerapkan SIM agar sesuai keinginan serta wajar dalam menentukan batas biaya dari titik manfaat yang akan diperoleh, maka SIM yang dihasilkan akan memberikan keuntungan dan uang.

Di dalam sebuah Sistem informasi manajemen komputer bukan prasyarat mutlak secara teoritis, namun dalam praktek Sistem informasi manajemenyang baik tidak akan ada tanpa bantuan kemampuan pemrosesan komputer. Prinsip utama perancangan Sistem informasi manajemen: Sistem informasi manajemenharus dijalin secara teliti agar mampu melayani tugas utama.

Sistem informasi manajemen bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam subunit organisasional perusahaan. Sistem informasi manajemenmenyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika.

2.PEMBAHASAN

* manajemen

Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman. Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :

1.Manajemen sebagai suatu proses,
2.Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,
3.Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)

Menurut pengertian yang pertama, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikan oleh para ahli. Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen menurut pengertian yang pertama itu, dikemukakan tiga buah definisi.

selanjutnya, Hilman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.

Menurut pengertian yang kedua, manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen.

Menurut pengertian yang ketiga, manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu pnegetahuan. Mengenai inipun sesungguhnya belum ada keseragaman pendapat, segolongan mengatakan bahwa manajemen adalah seni dan segolongan yang lain mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu. Sesungguhnya kedua pendapat itu sama mengandung kebenarannya.

* komputer

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

definisinya adalah memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.

sistem informasi manajemen

SIM bukan merupakan hal baru. Ruang lingkup SIM sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu “sistem”, “informasi”, dan “manajemen”.
Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Di dalam perusahaan, yang dimaksud elemen dari sistem adalah departemen-departemen internal, seperti persediaan barang mentah, produksi, persediaan barang jadi, promosi, penjualan, keuangan, personalia; serta pihak eksternal seperti supplier dan konsumen yang saling terkait satu sama lain dan membentuk satu kesatuan usaha.

Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untu menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada. Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing

Manajemen terdiri dari proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

*sistem informasi berbasis komputer

SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995)

Selasa, 24 November 2009

cara mencegah virus dari komputer/laptop

Menurut aku ada 6 hal yang mesti kita lakukan supaya komputer tecinta kita nggak terkena atau terjangkit sebuah virus. Otomatis jika kita bicara kemanan komputer maka kita berbicara bagaimana mencegah virus komputer.
ada 6 cara mencegah virus yaitu..

1. Gunakan AntiVirus

Tentu saja ini yang paling penting. Mau nggak mau anti virus seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus. Oh ya! Jika nggk punya duit jangan gunakan antivirus bajakan…gunakan antivirus gratis saja. Tidak kalah hebat kok dalam membasmi virus internet.

2. UPDATE!

Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate. SEMUANYA! baik itu Operating Systemnya, Software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna..pasti ada sebuah celah keamanan. Jangan percaya programmer yang berkata “Software saya sepurna dalam keamanan komputer”

Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update. Karena virus internet juga selalu update dan update.

3. Hati-hati saat browsing

Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus ya jangan kesana. Ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer.

Tapi saya tahu anda sudah kecanduan dengan situs semacam itu. Maka daripada itu jika ada peringatan dari browser anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu..sudah acuhkan saja.

Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.

4. Selalu scan file yang di download

Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya seperti blog ini. Itu Harus tetap diSCAN pakai anti virus. Contohnya setelah anda mendownload ebook gratis, apa anda yakin ebook itu bebas kuman eh maksudnya bebas virus. Atau saat mendapatkan script gratis..apa benar script itu benar-benar aman.

Mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati

5. Hati-hati email

Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email. Apalagi jika mendapat email yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambah itu dikirim oleh orang asing…bisa-bisa virus internet itu mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah ”

6. Baca terus Artikel keamanan komputer

Perkembangan sebuah komputer itu berjalan seperti halnya seekor panther …cepat sekali. Mungkin artikel kemanan komputer yang anda baca 1 bulan yang lalu sudah usang termakan zaman. Jadi terus-teruslah membaca berbagai artikel komputer yang bagus seperti di blog ini :D

Manfaat komputer itu memang banyak sekali. Tapi disaat bersamaan juga muncul hal-hal yang merepotkan supaya keamanan komputer itu terjaga

Sabtu, 21 November 2009

cara mengecilkan gambar/foto.

Artikel komputer kali ini akan membahas cara mengecilkan gambar maupun foto dengan menggunakan Photoshop. Karena ukuran file gambar yang terlalu besar dapat memboroskan harddisk dan jika di upload di website akan menghabiskan bandwith ditambah dengan loading yang lama banget.

Berikut 2 trik photoshop yang biasa bintang lakukan untuk mengecilkan gambar :

Mengurangi ukuran gambar berdasarkan dimensinya, Dalam hal ini untuk mengurangi ukuran width dan height pada foto :

gambar-photoshop1

1. Buku software photoshop anda (Kayaknya semua versi dari 6 sampai CS3, CS4 sudah ada)
2. File- Open, untuk membuka file gambar milik kamu. Sebelumnya Kamu bisa menggunakan Zoom Tool lalu klik Actual Pixels untuk melihat ukuran sebenarnya.
3. Image – Image size (Alt + Ctrl + I), kemudian akan muncul image size windows. Lihat pada bagian Pixel Dimensions. Silahkan nilainya diubah-ubah pada bagian widht dan height. Bintang biasanya mengubah dulu satuannya ke persen untuk memudahkan mengecilkan foto.

Mengurangi ukuran gambar berdasarkan ukuran filenya, dalam hal ini dihitung menggunakan satuan Kb,Mb dsb. Dan berikut triknya jika menggunakan photoshop :

gambar-photoshop2

1. Pertama tentu saja buka gambar atau foto yang kamu miliki. Kalau nggak! gimana cara mengecilkannya kalau nggak ada file yang mau dikecilkan.
2. File – Save For Web and Devices (Alt + Shift + Ctrl + S), Anda akan melihat 4 layar kecil yang menunjukkan ukuran file yang berbeda. Anda cukup memilih salah satu! Tapi jika ingin dioptimalkan lagi mengecilkan gambarnya… silahkan ubah sendiri nilainya pada bagian Preset.
3. Jika sudah klik save, Jangan Lupa! Pada bagian Save as Type pilih “images only”. Dan selesai.

Nah dengan begitu foto narsis anda ukurannya dapat mengecil. Dan jika di upload akan cepat dan dapat menghemat bandwith. Bintang juga selalu melakukan cara diatas setiap kali posting di blog ini, terlebih dahulu bintang mengecilkan gambar dengan trik photoshop tersebut.

Selasa, 27 Oktober 2009

cara membuat animasi GOL CANTIK

Nama:Rehkita ayuningtias (31108600)
Annis Chaerunnisa (30108267)
Ahmad Murdyanto (301081380
Kelas: 2DB09
Cara membuat animasi :

1. Klik Brush tool Pada Toolbox.

2. Kemudian tulis judul “Gol cantik” pada area Stage sesuai dengan
imajinasi anda. Seperti pada gambar 1.22






Gambar 1.22 Judul animasi.
3. Apabila gambar yang dibuat kurang sempurna, Untuk menghapusnya
gunakan Eraser tool yang ada pada Toolbox lalu sempurnakan
gambar sebelumnya.
4. Klik kanan pada Frame 15 lalu pilih Convert to blank keyframes
seperti pada gambar 1. 23









11


klik kanan di sini










Gambar 1.23 timeline yang sudah di sorot.












pilih yang ini

5. Kembali pada Stage yang masih kosong, Klik kembali Brush tool
lalu ubah Brush shape Pilih brush yang berbentuk bulat.
6. Mulailah menggambar karakter sederhana seperti gambar di bawah ini.






Gambar 1.24 Bentuk manusia dengan latar belakang gawang sepak bola.

7. Klik pada Frame 22, lalu klik kanan pilih Convert to blank
keyframes.





Onion skin
Gambar 1.25 Timeline yang telah di sorot pada frame 22.

8. Pada Frame 22 Ubahlah gambar sebelumnya dengan cara aktifkan Onion
skin untuk melihat pola gambar sebelumnya seperti pada gambar 1.
26



12











Contoh Brush Tool







Gambar 1.26 Timeline yang telah di 0nion skin pada frame 22.

9. Dengan Timeline yang telah di Onion Skin , secara otomatis gambar
pada Frame sebelumnya langsung menjadi kabur.
10. gambar ulang bentuk gawang mengikuti pola gambar sebelumnya seperti
gambar 1. 27.



Gambar gawangnya


Gambar 1.27 gambar ulang gawang setelah di Onion skin.
11. Setelah selesai menggambar gawangnya, sekarang gambar juga penjaga
gawangnya, seperti gambar berikut.



Gambar bagian atas


Gambar 1.28 gambar ulang bagian tubuh atas setelah di Onion skin.



13




12. Setelah selesai menggambar bagian atas, sekarang gambar juga bagian
tubuh tengah seperti berikut.


Gambar tubuh bagian tengah



Gambar 1.29 gambar ulang bagian tubuh tengah setelah di Onion skin.
13. Setelah selesai menggambar bagian tubuh tengah, sekarang gambar juga
bagian celana kiper, karena ada pola gambar lama ubahlah sedikit saja.
seperti gambar berikut.


Gambar celana



Gambar 1.30 gambar celana setelah di Onion skin.
14. Sekarang gambar juga bagian kaki kiper, seperti gambar berikut.







Gambar 1.31 gambar celana setelah di Onion skin.

15. Untuk melihat hasilnya, Non aktifkan union skin dengan cara, klik
kembali Onion skin . hasilnya bisa anda lihat seperti pada gambar di
bawah ini.





Gambar 1.32 Hasil setelah kembali di klik Onion skin.

14


16. Kita masih bermain Frame by frame, Klik kanan di frame 30 pilih
Convert to blank keyframes.





Gambar 1.33 Timeline dengan frame 30 yang telah di sorot.
17. Untuk Frame 30, Ubah gambar seperti gambar berikut.







Gambar 1.34 Sang pemain siap menendang bola.

18. Klik kanan pada Frame 40, pilih Convert to blank keyframes.





Gambar 1.35 Timeline yang telah di sorot.
19. Aktifkan kembali Onion skin , cara kerjanya sama seperti sebelumnya,
mengubah gambar yang sudah ada pada Stage.
20. Klik Brush tool , mulailah mengambar Seperti berikut.







Gambar 1.36 Sang pemain dengan gerakan berbeda.


15



21. Klik kembali Onion skin apabila gambar telah selesai di buat.








Gambar 1.37 hasil menggambar dengan Onion Skin.

22. Klik kanan pada Frame 48 pilih Convert to blank keyframes seperti
pada gambar 1. 38.






Gambar 1.38 Timeline dengan frame 48 yang telah di sorot.

23. Buat kembali pemain bola dengan gerak yang lebih seru lagi pada area
Stage yang masih kosong, seperti gambar 1. 39







Gambar 1.39 Pemain bola dengan posisi terbang.

24. Pada Timeline, Sorot kembali Frame 55, Klik kanan pilih Convert to
blank keyframes.




Gambar 1.40 Timeline dengan frame 55 yang telah di sorot.

16


25. Gambar kembali karakter Sang penendang dengan posisi seola-olah
bolanya terbang mendekat. Lihat gambar 1. 41.







Gambar 1.41 Bola terbang 1.

26. Kini Sorot Frame 65 klik kanan pilih Convert to blank keyframes.






Gambar 1.42 Time line dengan frame 65 yang telah di sorot.

27. Aktifkan Onion Skin , gambar ulang adegan “Bola terbang 1“.








Gambar 1.43 Bola terbang 2.


28. Sorot kembali Frame 75, Klik kanan pilih Convert to blank key
frames.





Gambar 1.44 Timeline dengan frame 75 yang telah di sorot.


17


29. Stage kembali kosong, gambar ulang karakter sang kiper dengan posisi
berikut.






Gambar 1.45 Posisi kiper 1

30. Masih seperti sebelumnya, Pada Timeline sorot kembali Frame 85, Klik
kanan pilih Convert to blank keyframes lihat gambar 1. 46





Gambar 1.46 Timeline dengan frame 85 yang telah di sorot.

31. Aktifkan Onion Skin pada Frame 85.
32. Gambar ulang karakter sang kiper seperti gambar 1. 47







Gambar 1.47 Posisi kiper 2, setelah di Onion Skin.
33. Apabila anda menginginkan mata kuas yang lebih kecil, atau yang lebih
besar, atur pada bagian brush size
34. Pada Timeline, Sorot kembali Frame 93, Klik kanan pilih Convert to
blank keyframes. Lihat gambar 1. 48




Gambar 1.48 Timeline setelah di klik kanan pada frame 93.

18


35. Kembali klik Onion Skin , untuk mengulangi gambar yang sudah
ada.
36. Dengan Brushtool mulailah lagi menggambar “sang kiper” pada
Stage seperti gambar 1. 49 berikut.






Gambar 1.49 Posisi kiper 3, setelah di Onion Skin.
37. Non aktifkan onion Skin .
38. Sorot kembali Frame 100, seperti sebelumnya klik kanan, pilih Convert
to blank keyframes.





Gambar 1.50 Timeline setelah di Convert to blank keyframes di Frame 100.
39. Klik lagi Brush tool dan mulailah lagi menggambar adegan di bawah
ini.






Gambar 1.51 Posisi kiper 3
40. Sorot kembali Frame 109, klik kanan lalu pilih Convert to blank
keyframes.




Gambar 1.52 Timeline setelah di sorot pada frame 109.
19


41. Siapkan lagi Brush tool dan mulailah lagi menggambar adegan
berikut di tengah area Stage.






Gambar 1.53 Sang penendang berhasil mencetak gol.
42. Sorot kembali frame 117, klik kanan pilih Convert to blank
keyframes.





Gambar 1.54 Timeline setelah di sorot pada frame 117
43. Klik kembali Brush tool dan mulailah menggambar adegan “ mer-
ayakan kemenangan 1 “ seperti gambar 1. 55.







Gambar 1.55 Merayakan kemenangan 1.
44. Sorot kembali Frame 125, klik kanan lalu pilih Convert to blank key-
frames.




Gambar 1.56 Timeline setelah di convert to blank keyframes di Frame 125.
45. Kembali klik Onion Skin , untuk mengulangi gambar yang sudah
ada.

20



46. Klik Brush tool dan mulailah mengubah gambar ‘ Merayakan keme-
nangan “ menjadi seperti gambar di bawah ini.






Gambar 1.57 Merayakan kemenangan 2.

47. Non aktifkan Onion Skin .
48. Setelah itu pada Timeline, Sorot Frame 135, klik kanan pilih Convert to
blank keyframes seperti pada gambar 1. 58





Gambar 1.58 Timeline setelah di convert to blank keyframes di Frame 135.

49. Masih dengan Brush tool , Ubahlah gambar sang pemain bola seperti
Gambar 1. 59 berikut.






Gambar 1.59 Merayakan kemenangan 3.

50. Sorot kembali Frame 150, Klik kanan lalu pilih Convert to blank
keyframes.




Gambar 1.60 Timeline yang telah di sorot pada frame 150.


21



51. Kembali klik Onion Skin , untuk mengulangi gambar yang sudah
ada.
52. klik Brush tool , Lalu mulailah menggambar adegan “ Merayakan
kemenagan 4” lihat gambar 1. 61.






Gambar 1.61 Merayakan kemenangan 4.
53. Non aktifkan Onion Skin .
54. Sorot kembali Frame 160, Kembali klik kanan lalu pilih Convert to
blank keyframes lihat gambar 1. 62





Gambar 1.62 Timeline yang telah di sorot pada frame 160.
55. Dengan Brush tool Gambar kembali adegan ‘Merayakan kemenangan
5” dengan pose sebagai berikut.







Gambar 1.63 Merayakan kemenangan 5.
56. Sorot Frame 170, Klik kanan dan pilih Convert to blank keyframes.





Gambar 1.64 Timeline yang telah di sorot pada frame 170.

22



57. Klik Brush tool , Ubah Brush shape dengan yang berbentuk
kotak
58. Pada area Stage tulis “The end “ lihat gambar 1. 58
59. Klik kanan pada Frame 210 lalu pilih Insert frame.



i








Gambar 1.65 Tilisan “The end” di Frame 210.
60. Tekan Cntrl+S, Untuk menyimpan File.
61. Jalankan animasi dengan menekan Cntrl+Enter pada keyboard.



************

Selasa, 20 Oktober 2009

mengenal motivasi.

menurut gue sukses adalah keinginan tiap orang, ada satu hal penting dalam meraihnya, yaitu motivasi. Motivasi dapat membuahkan kedisiplinan, keuletan dan lain-lain. Motivasi adalah merupakan ruh dari jasad pribadi yang ingin sukses. motivasi merupakan suatu penggabungan keinginan dan energi dalam mencapai suatu tujuan. Dengan keinginan orang tau kemana akan melangkah, dengan energi orang akan dapat menggerakkan apa yang ada padanya untuk mencapai keinginan itu. Motivasi seperti udara bagi kehidupan. Sangat berperan penting bagi jiwa-jiwa yang ingin sukses.okeeee??

Jumat, 16 Oktober 2009

punya sahabat baru.horeee!

heii..
Akan kuberitahukan kepada kalian
Bahwa sekarang aku telah memiliki Sahabat Sejati loh.
Bukan aku yang menemukannya, tapi dialah yang menemukan aku.
Kini Dia mau menjadikan aku miliknya.
Dan Dia mau menjadi milikku untuk menemani hari-hariku.

tau ngga kamu.
Sungguh, ini sangat membuatku bahagia.
Aku bisa menjadi milik dan memilikinya.
aku berharap untuk selamanya,sekarang aku bersahabat dengannya.Waaauuu, ini sangat luar biasa.Aku bisa selalu berada di dekatnya,karena dia berjanji untuk tidak akan pernah meninggalkanku,aku pun juga tidak ingin meninggalkannya aku tidak akan pernah bisa hidup tanpa sahabatku.karena dia segala-galanya bwt aku,sumber inspirasi,sumber bahagia dan yang paling penting dia yang slalu menyuport aku disaat aku lagi susah.
Tahukah kalian bahwa dia selalu, selalu, dan selalu memberikan yang tebaik untukku.
Dia selalu mempertimbangkan dulu segala sesuatu yang akan dia berikan untukku.
Meskipun seringkali awalnya aku sulit memahami sifatnya.
Tapi pada akhirnya aku selalu dan akan selalu percaya bahwa dia melakukan yang terbaik untukku.dan aku sekarang mmpunyai teman atau sahabat baru yang oke banget.ihhhh..seneng deh.

Selasa, 13 Oktober 2009

hitunglah posisi pixel hingga membentuk sebuah garis yang mengubungkan titik (13,11) & (19,15
-Endpoint awal p1(13,11) & (x0,y0)
akhir p2 (19,15)
syarat |m|<1
∆x = x2-x1=19-13=16
∆y = y2-y1=15-11=4

2∆y = 2.4=8
2∆x=2.6=12
2∆y-2∆x=2.4 -2.6 =-4
po=2∆y-∆x=8-6=2

No comments:

Post a Comment