my best friend!

my best friend!

Wednesday, November 17, 2010

Apakah Blog itu??

Berjuta blog sekarang terdapat di internet, mulai dari membicarakan makanan sampai artis, dari pengalaman remaja hingga kritik kehidupan. Jadi apakah blog itu ? What is a blog ? Definisi Blog sendiri adalah suatu catatan atau tulisan yang terdapat di jaringan internet, sedangkan kegiatan untuk membuat dan mengupdate blog disebut blogging, dan orang yang melakukan blogging disebut dengan blogger.

Blog dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu Personal Blog dan Corporate Blog.
1. Personal Blog
Personal blog adalah blog yang dibuat oleh personal. Umumnya blog yang ada di internet adalah personal blog.
2. Corporate Blog
Blog yang dibuat untuk keperluan perusahaan. Corporate blog biasanya digunakan untuk 2 keperluan, yaitu untuk keperluan internal seperti untuk keperluan komunikasi atau budaya perusahaan; dan untuk keperluan eksternal seperti marketing, branding, public relation.

Apakah Blog cocok untuk aku ?
1. Apakah Anda suka menulis ?
Membangun blog berarti Anda harus rajin menulis article. Apabila Anda tidak suka menulis berarti Anda kemungkinan besar tidak akan suka blogging.

2. Apakah gaya komunikasi Anda lebih baik dalam menulis atau berbicara ?
Manusia rata-rata mempunyai kesukaan dalam berkomunikasi, ada yang nyaman dengan berbicara dan ada yang lebih nyaman untuk menulis. Jika Anda termasuk yang suka menulis, blog sangat cocok untuk Anda. Jika Anda suka berbicara, Anda akan menyukai Podcasting, atau Anda dapat menggunakan fasilitas blog dengan mengupload video, dsb

3. Apakah Anda termasuk orang yang disiplin ?
Menjadi blogger, berarti Anda harus rajin menulis artikel. Apalagi jika Anda ingin blog Anda dikenal masyarakat, Anda harus rajin mengupdate blog Anda. Jika Anda tidak rajin, orang akan bosan dengan blog Anda.

4. Apakah Anda tahan malu ?
Menulis blog berarti membiarkan masyarakat dunia tahu cara berpikir Anda, gaya Anda dan sebagainya. Ada yang menyukai dan tentu saja ada yang tidak suka. Anda harus tahan malu jika dikritik oleh mereka yang tidak suka akan blog Anda.

5. Apakah Anda seseorang yang suka belajar ?
Artinya Anda harus rajin belajar untuk mengupdate pengetahuan Anda dan untuk men-share hal tersebut ke masyarakat.

6. Apakah Anda menyukai ‘hubungan virtual’ ?
Mempunyai blog, akan membentuk suatu komunitas dunia maya, dimana orang memberikan komentar,pendapat terhadap blog Anda, tanpa Anda ketahui fisik orang tersebut. Jika Anda enjoy terhadap situasi ini, maka Anda akan tidak akan menemui kesulitan dalam dunia blog.

7. Apakah Anda pekerja keras ?
Jika Anda ingin membangun blog yang sukses, Anda perlu bekerja keras untuk mengiklankan blog Anda. Tidak ada istilah blog akan sukses tanpa bersusah-payah. Untuk membangun blog yang sukses diperlukan waktu, bukan pekerjaan semalam.

Bagaimana membuat desain blog yang baik ?
1. Isi blog harus menjadi yang utama.
Orang datang ke blog Anda untuk mendapatkan informasi, memberikan pendapat dan sebagainya. Jadi Anda harus menekankan pada isi untuk menarik pengunjung. Desain blog sebaiknya sederhana.

2. Navigasi
Pengunjung umumnya datang ke blog Anda bukan dari halaman utama, tapi dari salah satu tulisan yang ada, melalui search engine, link dari blog yang lain, RSS feed, dan lainnya. Karenanya sangat penting jika Anda bisa memberikan navigasi kepada artikel lain dalam blog Anda. Atau Anda bisa menggunakan menu Recent Post, Popular Post, dan lainnya.

3. Waktu yang cepat untuk upload
Jika orang tertarik dengan artikel Anda dan ingin membacanya, tapi untuk membuka blog Anda diperlukan waktu upload yang lama, maka orang tersebut secara tidak segan-segan akan membatalkan ketertarikannya untuk membuka blog Anda. Karenanya adalah bijaksana untuk tidak menggunakan terlalu banyak widget yang akan membuat loading blog Anda menjadi berat.

4. Mudah diingat oleh pengunjung
Anda harus membuat blog yang unik dan berbeda dengan blog yang lain untuk membuat orang ingat akan blog Anda. Sebaiknya Anda menggunakan theme atau latar belakang yang unik, yang bisa Anda modifikasi sendiri.

5. Dapat diakses oleh bermacam-macam browser.
Rata-rata orang menggunakan browser yang berbeda-beda saat menggunakan internet. Blog Anda harus dapat dibuka oleh berbagai browser.

Dalam membuat sesuatu, tentunya perlu ada pengukuran akan kesuksesannya. Begitu juga dengan blog. Blog dikatakan sukses jika :
1. Banyak Komentar
Suatu tulisan bisa dikatakan sukses jika banyak komentar yang menanggapi tulisan tersebut. Biasanya komentar-komentar ini akan membangun suatu komuniti.

2. Unique Visitor
Apakah jika tidak ada komentar, maka tulisan itu dikatakan tidak sukses ? Tidak juga. Ada beberapa tulisan yang informatif yang tidak memerlukan banyak komentar untuk mengindikasikan bahwa tulisan itu sukses. Kita bisa melihatnya secara ‘back door’ melalui banyaknya unique visitor. Unique visitor adalah pengunjung unik yang datang ke blog kita. Biasanya ada software tertentu yang memberikan informasi mengenai statistik unique visotor blog kita.

Friday, November 12, 2010

Modem GSM terbaik

Modem GSM Terbaik, Huawei E220 atau Sierra 885U?
Pada zaman sekarang ini kebutuhan akan Internet meningkat dari tahun ke tahun. Karena memang kita sudah memasuki zaman Informasi. Dan salah satu alat yang harus ada keberadaanya ketika koneksi dengan Internet adalah modem. Saat ini sudah banyak model-model modem baik dari CDMA maupun GSM. Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk membandingkan mana sebenarnya modem GSM yang terbaik menurut hasil dari beberapa referensi di Internet. Ini dia hasilnya.
Huawei E220

Dengan desain yang kecil dan kecepatan tinggi, Huawei E220 USB Modem mengubah mode mini untuk kaum elite. Fitur penciptaan yang tak tertahankan yang sedap dipandang mata desain ramping dan besar kecepatan hingga 3.6Mbps. Dengan kabel USB dapat digunakan oleh kedua laptop dan komputer desktop.
Spesifikasi
Fitur
• HSDPA/UMTS/EDGE/GPRS/GSM
• HSDPA packet data service with a maximum transmission rate of 3.6Mbps
• UMTS packet data service with a maximum transmission rate of 384kbps
• EDGE packet data service with a maximum transmission rate of 236.8kbps
• SMS service
• Auto installation, convenient for use
Kecepatan
• Download = 7.2 Mbps
• Upload = 384 Kbps
Spesifikasi Frekwensi
• HSDPA/UMTS 2100MHz
• GSM/GPRS/EDGE 900/1800/1900MHz
Operating System
• Windows 2000, Windows XP, Windows Vista & Mac OS
Berat: < 50 g
Harga: $ 56.00
Sierra Wireless Compass 885U

Modem USB Sierra Wireless Compass 885U yang mulus ini menawarkan kecepatan tinggi dalam koneksi nirkabel baik untuk Mac, Windows baik dengan menggunakan Komputer Desktop maupun Laptop di jaringan HSUPA. Ini modem USB yang simple yang meliputi TRU-Instal, tidak ada CD instalasi, memori MircoSD.
Fitur
• Wireless download speed up to 7.2 Mbps and upload to 2 Mbps (upgradeable to 5.76 Mbps) Wireless download speed up to 7.2 Mbps and upload to 2 Mbps
• Familiar USB connection
• Small, durable, fixed design
• microSD memory expansion slot
• TRU-Install, automatic software installation
Kecepatan
• Max. Download = 7.2 Mbps
• Max. Upload = 2 Mbps
Jaringan
• HSDPA, HSUPA, UMTS, EDGE, GPRS, GSM
Operating System
• Mac OS X, Windows 7, Windows 7 Mobile Broadband, Windows Vista, Windows XP
Berat: 30 g
Harga: $ 61.00
Kesimpulan
Selain dari kesamaan fitur yang ditawarkan dari masing-masing produk dan dari hasil review, saya rekomendasikan untuk memilih modem Sierra Wireless Compass 885U. Karena modem Sierra Wireless Compass 885U lebih tahan panas, juga sudah ada WLAN (Wi-Fi Build in), slot MircoSD dan ROHS Compliant (ramah lingkungan).
Dan perlu digarisbawahi, untuk memperoleh kecepatan yang maksimal maka ada kaitannya dengan ISP (Internet Service Provider) apa yang anda pakai. Baik itu Telkomsel Flash, Indosat M2, atau XL Unlimited. Dan seberapa kuat sinyal yang didapat dan pemakai fasilitas masing-masing ISP di daerah itu.
Jumat, 29 Oktober 2010
Sisten informasi akuntansi secara abstract
PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN PROSES KERJA PADA GABUNGAN PENGUSAHA OPTIK INDONESIA (GAPOPIN) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sukirno, M.Pd. PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN PROSES KERJA PADA GABUNGAN PENGUSAHA OPTIK INDONESIA (GAPOPIN) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. INOTEK .

[img] PDF
1127Kb
Abstract

ABSTRAK Sistem informasi akuntansi merupakan suatu sistem informasi berbasis komputer dalam melaksanakan fungsi akuntansi di berbagai organisasi bisnis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat program penerapan ipteks ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan praktik akuntansi pada beberapa perusahaan yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (GAPOPIN) Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan tujuan khususnya adalah dapat membuat laporan keuangan dan mempraktekkan program komputer untuk pencatatan (komputer akuntansi) ssecara sederhana Metode untuk mencapai tujuan di atas berupa pelatihan pencatatan akuntansi secara manual dan praktik penggunaan program komputer akuntansi untuk mempermudah proses kerja. Hasil kegiatan pelatihan adalah peserta dapat membuat pencatatan akuntansi manual mulai dari bukti transaksi, jurnal, posting dan laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi serta dapat mengoperasikan program komputer akuntansi sederhana sehingga dapat membandingkan kinerja pencapaian hasil (proses) antara pembukuan akuntansi manual dan menggunakan komputer. Kendala yang dihadapi adalah peserta pelatihan belum terbiasa menggunakan komputer untuk keperluan pencatatan transaksi keuangan sehingga cenderung untuk tetap menggunakan pencatatan manual. Diperlukan edukasi secara terus menerus agar dapat memberi kesadaran mengenai pentingnya penggunaan sistem informasi akuntansi untuk meningkatkan proses kerja. Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi
Diposkan oleh rhere di 07.31 0 komentar
Pencapaian sistem informasi akuntansi memadai
Sebelum melaksanakan metodologi pengembangan sistem, maka perlu pemahaman terhadap kebijakan dan sekumpulan hal-hal mendasar yang menjadi keyakinan manajemen suatu organisasi terhadap sistem informasi. Kebijakan ini berkaitan dengan filosofi manajemen, dan sistem informasi yang proaktif.
Secara umum ada dua filosofi yang dapat digunakan dalam pengembangan sistem informasi organisasi, yaitu dipandang sebagai senjata pertahanan taktik dan senjata ofensif strategik. Pertama, sistem informasi dipandang sebagai senjata pertahanan taktik dan operasional untuk menentukan basic data, kebutuhan pemrosesan dan kewajiban pelaporan untuk membantu perusahaan tetap pada jalur yang harus dilalui dan bertahan hidup. Kedua, sistem informasi akuntansi dipandang sebagai senjata ofensif yang strategik untuk dapat memenangkan persaingan. Kebijakan sistem informasi yang proaktif akan menghilangkan pemisah antara departemen, personalia dan fungsi garis, serta menghilangkan batas wilayah negara. Kebijakan sistem informasi proaktif mengakui penerapan teknologi informasi, seperti
telekomunikasi, komputer, electronic mail, computer-integrated manufacturing, teleshopping, teleconference, multifunctional workstations secara terintegrasi.
Tujuan sistem informasi dan kebutuhan informasi yang didefinisikan secara jelas adalah salah satu kunci untuk suksesnya sistem informasi. Kesuksesan suatu sistem membutuhkan tujuan-tujuan yang terdefinisikan. Suatu sistem dengan tujuan tertentu akan menyelesaikan lebih banyak untuk suatu organisasi, daripada sistem tanpa tujuan, sedikit tujuan, atau tujuan yang ambisius (Calliueot and Lapayre, 1992).
Calliueot and Lapayre (1992) menyatakan bahwa penciptaan suatu informasi efektif membutuhkan suatu pengorganisasian untuk mengembangkan sejumlah sistem-sistem pendukung. Penarikan staf yang kompeten dan layak adalah suatu tindakan yang sangat penting. Investasi yang besar dalam perangkat keras, perangkat lunak dan pendukung sistem yang lain adalah sesuatu yang penting, namun tanpa manusia bersumber daya yang kompeten untuk mengkoordinasikan sistem akan menghasilkan informasi yang tidak layak, tidak tepat waktu atau tidak akurat.
Diposkan oleh rhere di 07.23 0 komentar
Kamis, 14 Oktober 2010
Keunggulan dan kelemahan windows 7
Windows 7 versi beta (uji coba) telah terilis dan dikabarkan akhir tahun ini atau awal tahun 2010 versi finalnya akan muncul. Sebenarnya, Windows 7 merupakan anak turunannya dari Windows Vista. Dimana tidak terlalu mencolok perubahannya. Sedangkan kalo perubahan dari Windows 2000 ke XP, maupun XP ke Windows Vista, terjadi perubahan total.

Dan yang menjadi pertanyaan disini, apa sih keunggulan dan kelemahan windows 7 yang merupakan produk sistem operasi dari microsoft itu dari versi-versi windows sebelumnya??

Kelebihan :
1. proses boot/shut down lebih cepat
2. konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit
3. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
4. Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol
5. Fitur sekurity yang benar-benar ketat.

Kelemahan / Kekurangan :
1. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7
2. Bug pada Windows Player 12
3. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7
4. Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang di Windows 7

Namun karena yang muncul sekarang masih merupakan versi uji coba, sehingga masih terdapat banyak kekurangan. ”Tampilannya mendekati Windows Vista dan terlihat lebih hidup. Tetapi untuk secara keseluruhan memang belum bisa dinilai, karena versi finalnya belum keluar.
Diposkan oleh rhere di 06.30 0 komentar
Tujuan dan sumber pendidikan
itu dipelajari, peserta didik dikenalkan kepada tema lain yang lebih mendasar dan mendalam --mengenal Sang Khalik. Dengan pengenalan akan Sang Pencipta, peserta didik akan memahami keberadaan dirinya di alam semesta ini dan dilatih untuk memuliakan Tuhan dalam kesehariannya. Dengan mempelajari tema dasar ini, peserta didik akan dibawa ke satu ruangan belajar yang lebih besar daripada ruang kelas. Seluruh alam adalah ruang kelas. Karena keterangan dan kisah tentang penciptaan ada di kitab suci, maka kitab suci haruslah memiliki porsi terbanyak dan terutama.Tujuan pendidikan sejati tidaklah hanya mengisi ruang-ruang imajinasi dan intelektual anak, mengasah kepekaan sosialnya, ataupun memperkenalkan mereka pada aspek kecerdasan emosi tapi lebih kepada mempersiapkan mereka untuk melayani Tuhan dan sesama untuk pencapaian yang lebih besar bagi kekekalan.
Diposkan oleh rhere di 06.28 0 komentar
Rabu, 29 September 2010
Komponen SIA
komponen Sistem Informasi Akuntansi antara lain :
• Spesialis Informasi
• Akuntan
Contoh Sistem Informasi Akuntansi sebagai pusat informasi perusahaan:
• Bagian pemasaran mempertimbangkan untuk memperkenalkan jenis produk baru dalam jajaran produksi perusahaan, untuk itu bagian tersebut meminta laporan analisa perkiraan keuntungan yang dapat diperoleh dari usulan produk baru tersebut
• Bagian SIA memproyeksikan perkiraan biaya dan perkiraan pendapatan yang berhubungan dengan produk tersebut, kemudian data yang diperoleh diproses oleh EDP. Setelah diproses hasilnya dikembalikan ke bagian SIA untuk kemudian diberikan ke bagian pemasaran.
Kedua bagian akan merundingkan hasil analisa tersebut untuk dicari keputusan yang sesuai.

Dari contoh diatas dapat ditemukan 2 aspek yang berhubungan dengan sistem bisnis modern yaitu :
• Pentingnya komunikasi antar departemen yang mengarah untuk tercapainya suatu keputusan.
• Peranan SIA dalam menghasilkan informasi yang dapat membantu departemen lainnya untuk mengambil keputusan.

Informasi Akuntansi yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Akuntansi dibedakan menjadi 2, yaitu :
• Informasi Akuntansi keuangan, berbentuk laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak extern.
• Informasi Akuntansi Manajemen, berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.
Diposkan oleh rhere di 04.27 0 komentar
Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.
Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah Sistem Informasi.
Karakteristik SIA yang membedakannya dengan subsistem CBIS lainnya :
• SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
• Berpegang pada prosedur yang relatif standar
• Menangani data rinci
• Berfokus historis
• Menyediakan informasi pemecahan minimal
Fungsi penting yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi antara lain :
• Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
• Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
• Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem Sistem Informasi Akuntansi memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.
Sistem Informasi Akuntansi terdiri dari 3 subsistem:
• Sistem pemrosesan transaksi, mendukung proses operasi bisnis harian.
• Sistem buku besar/pelaporan keuangan, menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.
• Sistem pelaporan manajemen, yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.
Berbagai transaksi non keuangan yang tidak bisa diproses oleh Sistem Informasi Akuntansi biasa, diproses oleh Sistem Informasi Manajemen. Adapun perbedaan keduanya adalah :
• SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan
• SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi
Sebuah Sistem Informasi Akuntansi menambah nilai dengan cara:
• Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
• Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
• Meningkatkan efisiensi
• Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
• Meningkatkan sharing knowledge
• Menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan
Diposkan oleh rhere di 04.25 0 komentar
Siklus Akuntansi
Akuntansi pada dasarnya terdiri dari tiga proses aktivitas, yaitu :

mengidentifikasi, mencatat dan mengkomunikasikan kejadian ekonomi dari sebuah organisasi atau perusahaan. Proses pertama adalah identifikasi, yaitu aktivitas memilih kegiatan yang termasuk kegiatan ekonomi. Proses kedua adalah pencatatan, yaitu semua kejadian ekonomi tersebut dicatat untuk menyediakan sejarah dari kegiatan keuangan dari organisasi tersebut. Proses ketiga adalah komunikasi, yaitu informasi yang telah didapat dari identifikasi dan pencatatan tidak akan berguna bila tidak dikomunikasikan, informasi ini dikomunikasikan melalui persiapan dan distribusi dari laporan akuntansi, yang paling umum disebut laporan keuangan.Siklus akuntansi adalah tahapan kegiatan yang dilalui dalam melaksanakan kegiatan akuntansi. Proses tersebut berjalan terus menerus dan berulang kembali sehingga merupakan suatu siklus.
Rabu, 29 September 2010
pengertian SIA menurut para ahli
Berikut pengertian-pengertian mengenai sistem informasi akuntansi (SIA) :
1. Wilkinson (1991)
Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan suatu kerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

2. Gelinas, Orams, dan Wiggins (1997)
Mendefinisikan sistem informasi akuntansi (SIA) sebagai subsistem khusus dari sistem informasi manajemen yang tujuannya adalah menghimpun, memproses dan melaporkan informsi yang berkaitan dengan transaksi keuangan.
Salah satu tujuan dari pengembangan sistem informasi akuntansi adalah menambah nilai bagi perusahaan. Sistem informasi akuntansi dapat memberi nilai tambah dengan :
a. Memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu.
b. Penerapan sistem informasi akuntansi meningkatkan efektivitas dan efisiensi biaya dalam mengumpulkan informasi ekonomi.
c. Membantu serta meningkatkan kualitas keputusan yang akan diambil oleh pihak manajemen.
d. Meningkatkan pembagian pengetahuan (knowledge sharing).
Diposkan oleh rhere di 04.18 0 komentar
Apa itu Sistem Informasi
Sistem informasi adalah serangkaian prosedur formal di mana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan ke para pengguna.
Adapun kerangka kerja sistem informasi dibagi menjadi 2 yang utama yaitu : Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Informasi Akuntansi.
Transaksi
Transaksi adalah kegiatan yang mempengaruhi atau merupakan bagian dari kepentingan perusahaan yang diproses oleh sistem informasinya sebagai unit pekerjaan.
Transaksi ada yang bersifat keuangan dan non keuangan
Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah Sistem Informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah Sistem Informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :
• Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
• Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
• Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.
SIA terdiri dari 3 subsistem:
• Sistem pemrosesan transaksi
mendukung proses operasi bisnis harian.
• Sistem buku besar/ pelaporan keuangan
menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.
• Sistem pelaporan manajemen
yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.
Diposkan oleh rhere di 04.16 0 komentar
Minggu, 23 Mei 2010
11 cara mudah hidup sehat
1. Gunakan telinga kiri untuk berbicara di telepon
2. Jangan minum kopi lebih dari satu kali sehari
3. Jangan Minum Pil (obat) dengan air dingin
4. Jangan makan dengan porsi besar diatas jam 6 sore
5. Kurangi porsi minum teh yang anda lakukan setiap hari
6. Kurangi minyak-minyakan yang anda konsumsi
7. Minum banyak air putih di pagi hari dan kurangi di
malam hari
8. Jangan menggunakan handphone ketika di-charging
9. Jangan gunakan Headphone/earphone dalam jangka
waktu yang lama
10. Waktu terbaik untuk tidur adalah mulai pukul 10
malam sampai pukul 5 pagi
11. Jangan langsung tidur setelah minum obat
12. Ketika batere handphone anda sudah terlihat digrid
terakhir, usahakan jangan lagi menggunakan untuk
menelpon, karena radiasi yang lebih besar.

COBALAH UNTUK HIDUP SEHAT MULAI DARI SEKARANG!!!
Diposkan oleh rhere di 00.13 0 komentar
Jumat, 21 Mei 2010
Antivirus terbaik 2010
Inilah Antivirus Terbaik 2010 - AV-comparatives di penghujung tahun 2009 ini mengeluarkan hasil test terbarunya. Kali ini merupakan Proactive/ Retrospective Test, yang merupakan test terakhir di tahun 2009. Test ini melengkapi test sebelumnya.

Apa itu Proactive test dan bagaimana hasil test Antivirusnya ?

Secara singkat, Proactive / Retrospective Test merupakan test terhadap virus (malware) baru yang belum dikenal (belum terdapat dalam database).
Test kali ini menggunakan Antivirus dan versi yang sama dengan test sebelumnya, dan semua produk antivirus di update pada tanggal 10 Agustus 2009. Sedangkan Malware (virus) yang digunakan diambil dari virus baru yang muncul diantara tanggal 11 sampai 17 Agustus 2009 dengan Jumlah total sebanyak 23.237 malware (worm, backdoor,trojan dan virus).
Inilah keunikan Proactive test, dimana antivirus digunakan untuk mengetes antivirus baru yang belum terdapat dalam daftar databasenya. Sehingga Antivirus biasanya menggunakan deteksi yang lebih dalam terhadap tingkah laku file/virus tersebut. Dan memang wajar jika hasilnya cukup banyak yang tidak terdeteksi.

Antivirus dan versinya yang disertakan dalam test ini adalah :

* Avast! Professional Edition 4.8.1384
* AVG Anti-Virus 8.5.406
* Avira Antivir Premium 9.0.0.446
* BitDefender Anti-Virus 13.0.13.254
* eScan Anti-Virus 10.0.997.491
* ESET NOD32 Antivirus 4.0.437.0
* F-Secure Anti-Virus 10.00.246
* G DATA Antivirus 20.0.4.9
* Kaspersky Anti-Virus 9.0.0.463
* Kingsoft Antivirus 2009.08.05.06
* McAfee VirusScan Plus 13.11.02
* Microsoft Live OneCare 2.5.2900.28
* Norman Antivirus & Anti-Spyware 7.10.02
* Sophos Anti-Virus 7.6.10
* Symantec Norton Anti-Virus 17.0.0.136
* Trustport Antivirus 2.8.0.3017

HASIL TEST

Sedikit berbeda dengan test sebelumnya, kali ini antivirus yang paling banyak mendeteksi adalah Avira, baru kemudian G-DATA. Selengkapnya bisa dilihat sebagai berikut :

persentase Antivirus terbaik 2010


74% Avira
66% G DATA
64% Kaspersky
60% ESET NOD32
56% F-Secure, Microsoft
53% Avast, BitDefender, eScan
49% AVG, Trustport
47% McAfee
36% Symantec
34% Sophos
32% Norman, Kingsoft
Diposkan oleh rhere di 19.32 0 komentar
mahasiswa dan nasionalisme
Nasionalisme adalah suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (nation) dengan mewujudkan suatu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia (Wikipedia, 2006). Dalam konteks Indonesia, pengertian ini dapat kita cocokkan dengan sejarah Indonesia ketika tahun 1945, yang pada saat itu para pendiri bangsa berusaha membuat sebuah nasionalisme yang dapat mempersatukan seluruh masyarakat yang berada dalam wilayah jajahan Belanda. Nasionalisme yang kemudian dihasilkan adalah sebuah nasionalisme yang berdasarkan kepada kesamaan nasib. Konsep yang dihasilkan para pendiri bangsa tersebut, berhasil untuk mempersatukan wilayah yang kita kenal sebagai Indonesia pada saat ini.

Nasionalisme akan mudah untuk dimengerti dan diimplementasikan jika ada musuh bersama. Jika musuh ini hilang, maka ikatan nasionalisme akan mengendur dengan sendirinya. Preseden yang muncul di Indonesia mempertegas pendapat ini. Jika kita melihat ke tahun 1940-an, ketika Belanda masih berusaha menguasai Indonesia melalui Agresi Militer I dan II, nasionalisme di kalangan masyarakat masih kuat, sehingga perjuangan Indonesia di Konferensi Meja Bundar 1949 membuahkan hasil diakuinya kedaulatan Indonesia sebagai sebuah negara. Namun pasca-KMB 1949, Indonesia kehilangan musuh bersama dan golongan-golongan dalam masyarakat lebih mengutamakan kepentingan kelompok yang ditandai dengan jatuh bangunnya kabinet selama masa tersebut. Nasionalisme sempat muncul meski sebentar, ketika Indonesia mengeluarkan sikap politik luar negeri terhadap Malaysia dengan Dwikora. Namun hal ini tidak berlangsung lama, karena kondisi internal dalam Indonesia memang sedang rapuh. Setelah itu, nasionalisme dapat dimunculkan kembali ketika Partai Komunis Indonesia (PKI) dijadikan sebagai musuh bersama karena dianggap sebagai biang keladi Gerakan 30 September. Lebih dari 30 tahun kemudian, Indonesia memperoleh kembali sebuah musuh bersama, yaitu Orde Baru, sehingga gerakan nasionalisme dapat menghasilkan reformasi dan demokrasi yang selama 30 tahun dikebiri. Namun ketika musuh bersama tersebut telah berhasil dilumpuhkan, kepentingan kelompok kembali muncul mengesampingkan nasionalsime itu sendiri.

Kejadian-kejadian historis di Indonesia tersebut mempertegas bahwa nasionalisme dapat secara efektif diimplementasikan apabila masyarakat dalam sebuah negara memiliki musuh bersama.

NASIONALAISME DAN GERAKAN MAHASISWA
Dari preseden yang ada mengenai nasionalisme, musuh bersama menjadi sebuah kebutuhan jika nasionalsime ingin mempunyai tempat dalam kehidupan Indonesia. Namun pencarian terhadap musuh bersama ini tidaklah sekadar mencari subyek ataupun obyek yang sekadar dijadikan tumbal caci maki oleh civil society (yang di dalamnya terdapat juga gerakan mahasiswa), melainkan juga harus mencari subyek atau obyek yang memang harus dijadikan musuh bersama karena pengaruhnya yang buruk bagi masyarakat. Nasionalisme akan selalu berkaitan erat dengan masalah kedaulatan sebuah negara. Kedaulatan adalah sebuah hal yang mutlak dimiliki oleh sebuah negara dan tidak bisa diganggu gugat oleh negara atau pihak manapun. Pada perkembangan saat ini, kedaulatan negara tidaklah lagi menjadi hal yang mutlak untuk dipraktekkan. Karena dengan munculnya berbagai macam organisasi internasional (OI) dan semakin kuatnya posisi tawar negara-negara maju di dalam OI tersebut, kedaulatan negara menjadi semakin kabur. Prinsip koordinatif yang dikembangkan ketika awal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) muncul menggantikan Liga Bangsa-bangsa (LBB) tidak lagi tegas jika sudah berhadapan dengan kepentingan negara-negara besar. Nasionalisme telah digantikan oleh globalisasi sedikit demi sedikit. Globalisasi yang lahir dari budaya sebuah bangsa, dan dijadikan budaya tunggal dunia. Indonesia terkena dampak dari globalisasi ini. Hukum positif Indonesia tidak lagi menjadi kewenangan legislatif, melainkan harus mematuhi regulasi internasional yang dihasilkan oleh OI yang dikontrol oleh negara-negara maju.

Nasionalisme sebuah bangsa menentukan arah pergerakan bangsa tersebut kepada pilihan yang lebih buruk atau baik. Negara-negara maju pada saat ini menekankan pentingnya nasionalisme ketika mereka sedang berada dalam posisi sebagai negara sedang berkembang. Ketika posisi mereka berubah, nasionalisme mereka tidak ikut berubah dan justru berusaha menyebarkan nasionalisme mereka ke negara lain. Jadi, ketika muncul pertanyaan: masih relevankah nasionalisme untuk Indonesia, hal ini harus dijawab dengan mudah jika melihat preseden dan memiliki visi yang tegas mengenai bangsa ini. Bangsa yang tidak memiliki kedaulatan penuh atas wilayahnya, akan selalu menjadi bangsa kelas dua di lingkungan internasional, akan selalu menjadi bangsa konsumtif yang dependen terhadap negara lain. Kedaulatan penuh dapat diwujudkan jika masyarakat dalam suatu bangsa memiliki visi yang kuat untuk mengarahkan bangsanya menjadi lebih baik. Sebuah visi yang kuat dapat lahir jika dilandaskan dengan nasionalisme. Tanpa adanya nasionalisme, tidak akan ada visi, tidak akan ada kedaulatan, dan tidak akan ada perubahan bagi bangsa ini.

Lalu bagaimana mahasiswa Indonesia (baca: mahasiswa UKSW) mewujudkan nasionalisme yang erat kaitannya dengan musuh bersama? Tindakan apa yang harus dilakukan oleh mahasiswa Indonesia? Berbagai cara diwujudkan oleh civil society dalam mencari musuh pada saat ini untuk menunjukkan nasionalisme mereka, terlepas dari kepentingan yang mereka usung. Ada yang melalui tindakan elitis, persuasif, underground, sampai pada taraf anarkis. Isu yang muncul pun semakin beragam seperti program peningkatan kualitas pendidikan, penghapusan utang luar negeri, nasionalisasi perusahaan multinasional, anti OI, dan lainnya. Tindakan mewujudkan nasionalisme melalui metode-metode dan isu-isu tersebut terjadi dengan mendasar pada kondisi yang berkembang pada saat ini. Mahasiswa Indonesia tidak harus terikat dengan metode-metode dan isu-isu yang ada. Kajian ilmiah menjadi sebuah keharusan bagi mahasiswa Indonesia yang merupakan civil society berbasis kaum intelektual untuk dapat mengidentifikasi musuh bersama yang ingin dikedepankan. Tanpa adanya kajian ilmiah yang mendalam, aksi dalam mengedepankan musuh bersama untuk membangkitkan kembali nasionalisme hanya akan menjadi aksi taktis yang tak ada kontinuitasnya. Kajian ini juga tidak hanya sekadar bergerak dalam isu-isu terkini saja, namun juga harus mampu mengantisipasi kemungkinan yang terjadi pada masa yang akan datang, sehingga mahasiswa Indonesia tidak tergagap-gagap untuk menghadapi perubahan masyarakat yang drastis.

MAHASISWA DAN NASIONALISME
Kajian ilmiah yang menjadi suatu keharusan bagi mahasiswa Indonesia dalam membangkitkan kembali nasionalisme, harus mampu diwujudkan jika mahasiswa Indonesia tidak ingin terjebak dalam romantisme masa lalu. Mahasiswa Indonesia harus sungguh-sungguh dalam mempersiapkan dan meningkatkan kualitas dirinya agar mampu membangkitkan kembali nasionalisme Indonesia. Ketika kualitas diri mahasiswa Indonesia meningkat dan kajian ilmiah semakin menguat, mahasiswa Indonesia (termasuk mahasiswa UKSW) akan mampu menjadi think tank bagi pergerakan nasionalisme di Indonesia. Semoga.
Diposkan oleh rhere di 19.22 0 komentar
Kamis, 08 April 2010
Kesimpulan dari Sistem Informasi Manufaktur
Nilai sebuah informasi lebih berharga daripada nilai investasi. Oleh karena itu, dalam membuat sebuah informasi diperlukan sebuah sistem yang dapat membuat sebuah informasi yang tepat dan akurat. Sistem Informasi Manajemen perlu didefinisikan lebih detail untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik, khususnya untuk kegiatan produksi (manufaktur). Sistem Informasi Manufaktur dapat mendukung kegiatan manufaktur secara keseluruhan untuk menghasilkan produk yang baik dari segi waktu, biaya dan kualitas.
Diposkan oleh rhere di 20.20 0 komentar
Selasa, 06 April 2010
Apa itu Internet ?
Apa itu Internet ?



Secara sederhana, Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telpon, serat optik (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable), satelit atau dengan koneksi wireless.

Ketika kita logon (dalam hal ini terhubung) dengan internet, kita diberikan hak akses ke komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung juga dengan internet. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, saat ini internet dapat dihubungi dengan koneksi wireless dari handheld PC atau dari sebuah komputer notebook.

Setelah terhubung dengan internet kita dapat melakukan beberapa hal, misalnya : mengirim dan menerima email, chating dengan media text atau suara, berselancar (surfing) di World Wide Web, atau hal-hal lain dengan suatu software aplikasi tertentu.

Secara sederhana, cara kerja Internet sama seperti sistem pos atau sistem pengantar parcel, kecuali Internet bekerja dengan sangat cepat.
Misalnya, bila sekarang ini kita di Surabaya dan akan berkirim email ke Amerika, setelah kita tekan tombol Kirim (Send) selanjutnya email kita tadi akan menuju ke mail server. (Mail server ini biasanya bukanlah komputer yang sedang kita pakai saat ini, tetapi bagian dari layanan yang ada di Internet, sehingga kita bisa saja keluar dari Internet setelah menekan tombol Kirim tanpa mengganggu proses pengiriman email tersebut). Kemudian, mail server kita tersebut akan mencoba mengontak mail server di Amerika melewati rute Jakarta - Singapura - Jepang - Amerika atau bila rute tersebut sibuk dapat menngunakan rute Australia - Amerika.
Paket data dalam Internet memiliki ukuran tertentu sehingga bila email kita tadi cukup besar bisa saja dibagi dalam beberapa paket dan masing-masing paket dapat dikirim dengan rute yang berbeda. Setelah sampai di Amerika, mail server di sana akan membangun kembali email kita tersebut menjadi satu bagian utuh yang siap disajikan.

Bila satelit yang digunakan dalam rute-rute tersebut sibuk maka mail server kita akan mencoba untuk mengirim kembali setelah beberapa saat sampai benar-benar terkirim. Bila sampai maksimum sampai 4 hari lebih (tergantung setting mail server kita) email itu belum bisa terkirim maka akan dikirimkan email pemberitahuan bahwa email kita tidak sampai.

Rute yang harus dilewati paket data di Internet sangat panjang dan melibatkan banyak sekali komputer di seluruh dunia, sehingga bila data yang kita kirimkan adalah data yang pribadi dan/atau penting, sebaiknya menggunakan secure server, yaitu server yang dilengkapi dengan fasilitas enkripsi data sebelum mengirim data ke komputer lain dan fasilitas dekripsi bila menerima paket data dari komputer lain.

sumber : http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/www/1-apaitu_internet.html

Selasa, 06 April 2010
Tips Merawat Laptop agar awet
Laptop lebih rentan rusak (dalam bahasa Jawa “ringkih”) daripada PC. Oleh karena itu, kita harus memperlakukan atau merawatnya dengan benar agar dapat berumur lebih lama. Jangan sampai laptop yang baru beberapa bulan kita beli menjadi rusak hanya karena kita salah memperlakukannya maupun merawatnya. Perlu kiranya kita simak Tips-tips berikut agar laptop bekerja pada perfoma yang maksimal.

1.Jangan dekatkan dengan minuman maupun cairan dengan laptop, jika sampai tumpah ke laptop maka dapat menyebabkan komponen di dalamnya konsleting.

2.Jangan meletakkan laptop dengan sumber medan magnet, misalnya TV, Speacker Active, Radio Tape atau ponsel. Medan magnet akan mempengaruhi komponen laptop terutama harddisknya.

3. Jika membawa laptop agar dimasukkan ke tas khusus. Tas laptop dibuat sedemikian rupa sehingga casing laptop tidak mudah tergores dengan benda di sekitarnya atau bahkan dapat meredam guncangan-guncangan kecil. Kalau perlu secara berkala bersihkan casingnya dengan kain/lap yang dapat dibeli di toko-toko komputer.

4. Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal. Gunakan stavolt atau stabilizer.

5. Apabila menggunakan listrik langsung, pastikan menggunakan stavolt/stabilizer atau UPS untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

6. Jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang. Hal ini semata-mata untuk mencegah kemungkinan perlakuan kasar apabila kita meminjami orang yang kebetulan sembrono.

7. Install anti virus dan updatelah secara berkala. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet. Mungkin saja yang kita download malware/spyware yang menyamar sebagai freeware tertentu. Letakkan laptop pada posisi mendatar jangan miring. Selain kurang ergonomis juga menyebabkan posisi harddisk tidak pada posisi yang benar.. Shutdown dengan benar.

8. Jangan sekali-kali mematikan laptop dengan melepaskan power/baterainya. Power listrik yang mendadak mati dapat menyebabkan harddisk bermasalah.

9.Simpan di tempat dengan suhu yang tidak terlalu ekstrim. Jangan sekali-kali meninggalkan laptop di mobil yang sedang parkir di tempat yang panas atau mesin mobil masih hidup. Panas yang berlebihan dapat merusak komponen laptop. Jangan meletakkan laptop di permukaan yang empuk, sehingga laptop kelihatan tenggelam yang dapat menghambat panas untuk keluar sehingga laptop lebih cepat panas.

10. Jangan pernah membongkar laptop sendiri. terutama yang masih awam. Jika masih dalam masa garansi lebih bijaksana kalau Anda membawanya ke tempat servis resminya.

11.Melap layar LCD dengan kain lembut dan kering. Lap dengan pelan, jangan menekan terlalu keras dan satu arah saja, misalnya dari kiri ke kanan. LCD dibentuk oleh cairan kristal (untuk menampilkan gambar) sehingga permukaannya tipis dan rapuh. Oleh karena itu, kalaupun harus menunjuk monitor dengan jari atau pulpen (atau benda lainnya) jangan sampai menyentuhnya apalagi menekan dengan keras. Membersihkan keyboard dengan vacuum cleaner atau menyemprotkan udara di sela-sela tombol.

12.Jangan mengetuk atau mengguncangkan keyboard dengan keras. Hati-hati pada saat membuka dan menutup layar laptop. Antara LCD dengan CPU terdapat engsel yang berfungsi agar LCD dapat bergerak bebas sesuai kemiringan yang kita inginkan.

13. Pada saat membuka atau menutup LCD, jangan menghentak terlalu keras yang dapat menyebabkan engsel patah.

14. Perlakukan baterai dengan benar. Khusus untuk pemakaian baterai pertama kali sebaiknya Anda mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut, dan berlaku juga untuk baterai yang lama disimpan atau tidak dipakai berminggu-minggu.

15.Jika menggunakan baterai jenis Ni-MH, Anda harus mengosongkan setiap minggu/bulan sekali. Jika berencana menyimpan laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya lepaskan baterai dari laptop.

16. Ganguan lain yang bisa buat laptop anda rusak adalah kalo kerendem, monitornya kena rokok atau bahkan kebanting.. Huahahaha sorry yang terakhir ini hanya iseng aja. :) )



sumber : http://nugrohotech.wordpress.com/2008/02/13/tips-merawat-laptop-agar-awet/
Diposkan oleh rhere di 20.36 0 komentar
Sabtu, 20 Maret 2010
manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah :

1. Bidang Pendidikan

Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.

Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.

2. Bidang Kesehatan

Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.

3. Bidang Transportasi

Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.

Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

4. Bidang Jasa Pengiriman Barang

Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

5. Bidang industri Otomotif

Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

6. Bidang Jasa Konstruksi

Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

7. Bidang Jasa Percetakan

Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

8. Bidang Industri Perfilman

Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.

9. Bidang Industri Rekaman

Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.

10. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.

11. Bidang Olah Raga

Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.
Diposkan oleh rhere di 04.49 0 komentar
Kamis, 18 Februari 2010
CINTA TANAH AIR INDONESIA
selasa,23 febuari 2010

kata pengantar,

Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan.Dalam makalah ini saya membahas “CINTA TANAH AIR INDONESIA”, suatu permasalahan yang tidak terfikirkan oleh masyarakat Indonesia.

Makalah ini dibuat dalam untuk memenuhi nilai softskil dan di terbitkan di blog agar masyarakat Indonesia sadar akan cinta nya terhadap negaranya.dan makalah ini saya buat untuk memenuhi nilai mata kuliah PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Demikianlah makalah yang saya buat semoga bisa bermanfaat dan bisa menyadarkan seluruh masyarakat Indonesia agar tetap selalu mencintai negaranya dan merawat nya.


BAB I
PENDAHULUAN

PERNAHKAH Anda mendengar kata cinta? Jawabannya pasti sudah. Ratusan, bahkan ribuan kali setiap harinya kita mendengar kata tersebut. Tetapi jika kemudian diminta untuk mendiskripsikan maknanya, kalau ada lima orang berdebat tentang makna cinta, mungkin bisa muncul 15 item arti yang berbeda-beda.
Sebagai makhluk terbaik yang diciptakan oleh Allah SWT, dan relasi-relasinya yang harus ia kerjakan, perlu di-under line, bahwa tugas manusia itu dapat dirinci meliputi tugas-tugas vertikal dan tugas-tugas horisontal. Suatu tugas dikatakan sebagai tugas vertikal, jika ia berhubungan langsung dengan Allah (\'cinta\' kepada Allah). Sementara itu, bila tugas tersebut berkaitan dengan makhluk (diri sendiri, orang lain, suatu kaum, bangsa, makhluk hidup yang lain, makhluk ghaib); hal tersebut disebut tugas horisontal. Pada tugas-tugas horisontal inilah terletak muatan-muatan cinta Tanah-Air.

Bagaimana dengan saat ini, masih adakah diantara kita yang mencintai tanah air dan bangsa melebihi cintanya pada diri sendiri? Atau pertanyaan ini pertanyaan yang cukup bodoh untuk diajukan? Siapa yang masih perlu mecintai tanah air dan bangsa Indonesia? Yang penting asal kita bisa hidup cukup sandang, pangan dan papan sudah cukup, kalau ada kelebihan sedikit untuk bisa jalan-jalan ke mall, makan enak di café, atau pergi karaokean kan sudah cukup, untuk apa mikirin cinta tanah air dan bangsa! Bahkan kalau mungkin bisa punya rumah yang megah, mobil mewah, dan menyekolahkan anak keluar negeri, setiap tahun bisa liburan kemana kita mau pergi kan sudah lebih dari cukup! Tapi masih ada juga dari bangsa kita yang bergulat dengan kemiskinan untuk makan saja susah dan tinggal di rumah yang lebih mirip kandang dari pada disebut rumah, dan jumlahnya juga tidak sedikit bisa mencapai 50 juta jiwa bangsa Indonesia, apakah masih ada perlunya mencintai tanah air dan bangsa?.


BAB II
PEMBAHASAN

BEBERAPA hari lagi bangsa Indonesia merayakan 64 tahun Hari Kemerdekaan RI. Kita patut syukuri dan semua aktifitas menyangkut peringatan tersebut merupakan bagian dari cinta (terhadap) Tanah-Air. Berabad-abad lamanya, nenek-moyang Bangsa Indonesia juga sudah melakukan hal sama. Tengoklah sejarah Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, Kebangkitan Nasional 1908, Sumpah Pemuda 1928, dan puncaknya tahun 1945, dan terus berlanjut hingga sekarang. Itu semua adalah tonggak-tonggak sejarah yang implikasinya, merupakan kecintaan terhadap Tanah-Air. Suatu bangsa tidak lahir begitu saja, juga bangsa Indonesia. Ia didahului oleh adanya ikatan-ikatan emosional dari suatu kelompok, lalu membesar, membesar yang mengkristal menjadi rasa kebangsaan, faham kebangsaan dan semangat kebangsaan. Dari kelompok tersebut, lalu mengikrarkan diri untuk membentuk sebuah bangsa dan negara. Karenanya tidak heran jika setiap perayaan Hari Kemerdekaan tiba, sebagian dari masyarakat mulai menjajakan pernak-pernik merah putih sebagai hiasan mobil, menjual umbul-umbul bendera Merah Putih dalam berbagai ukuran dan jenis kain. Benarkah semua itu pertanda cinta Tanah-Air? Bagaimana kita memaknai cinta Tanah-Air?


Bisa dikatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dilahirkan oleh generasi yang mempunyai idealisme cinta tanah air & bangsa, kalau tidak, mungkin saat ini kita bangsa Indoneia masih dijajah oleh Belanda yang luas negaranya dibandingkan pulau Bali saja masih luasan pulau Bali. Kita harus sangat terimakasih kepada para tokoh yang mencentuskan pembentukan organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, para pencetus Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, dan para tokoh yang memungkinkan terjadinya proklamasi 17 Agustus 1945. Saya sangat yakin mereka adalah contoh paling pas untuk dijadikan tokoh-tokoh nasionalis tulen yang cintanya pada tanah air dan bangsa melebihi cintanya pada diri sendiri yang kita harus hormati sepanjang masa.


BAB III
KESIMPULAN


Cinta Tanah air itu sendiri adalah adalah saat kamu bangga dengan apa yang ada pada tanah airmu...Saat kamu menghargai sekecil apapun jasa yang telah diberikan Pahlawanmu n Saat kamu mau berkorbaan untuk Bangsa dan Negaramu.cinta pada diri sendiri cinta akan tanah bumi ini melebihi cintamu kepada bangsa lain.rela berkorban demi bangsa dan negara,seperti kamu mencintai tuhan mu.

Dan cinta tanah air adalah mengorbankan seluruh jiwa raganya hanya untuk negaranya dan tidak melakukan banyak kerugian yang besar terhadap negaranya.

Diposkan oleh rhere di 05.32 0 komentar
Senin, 11 Januari 2010
DEFINISI KOMPUTER
Istilah komputer yang saya tau dan dari yang saya baca dari buku-buku bahwa komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.

Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Diposkan oleh rhere di 21.22 0 komentar
Sabtu, 12 Desember 2009
Tugas Olah Citra
A. Jawab :
1. ukuran12x12

2.15 derajat keabuan

3. Intensitas, 0-14=15. 2^n=15. n= 4bit

4.
1. (0.5) (2.7)
2. (3.3) (4.6) (1.1)
3. (1.3) (5.9)
4. (5.1) (7.11)
5. (10.4) (14.8)
6. (13.2) (11.7) (9.3)
7. (9.12)
8. (8.8) (7.4)
9. (7.2) (6.2) (5.1) (4.5) (3.3)
10. (3.4) (2.3) (0.5)
11. (1.6) (2.6)
12. (3.9) (0.3)

5.Ukuran citra sebelum pemampatan
(12x12)x4bit= 576bit

6.Ukuran citra setelah pemampatan
(29x4bit)+(29x3bit)= 203 bit

7. Nisbah pemampatan= 100%-203/576x100%= 64.76

8. Metode lossy. menghasilkan citra yang hampir sama dengan citra semula, Ada informasi yang hilang akibat pemampatan tapi masih bisa ditolerir oleh persepsi mata, Nisbah/ratio pemampatan tinggi

9.Jenis pemampatan Pendekatan Ruang. Melihat hubungan antar pixel yang mempunyai derajat keabuan yang sama pada wilayah dalam citra

10. metode Run Length Encoding cocok untuk pemampatan citra yang memiliki kelompok pixel berderajat keabuan yang sama



B. Jawab :
1.








2. 64x64

3. 9 derajat keabuan, 0,1,2,3,4,5,6,7,10=8

4. 2^n=10, n= 4bit
5.






























6.
0 : 00 = 2
1 : 10 = 2
2 : 01 = 2
3 : 110 = 3
4 : 1110 = 4
5 : 11110 = 5
6 : 111111 = 6
7 : 1111101 = 7
10 : 1111100 = 7

7.Ukuran citra sebelum dimampatkan adalah
(64x64)x4bit= 16384bit

Ukuran citra setelah dimampatkan adalah
(720x2bit)+(911x2bit)+(888x2bit)+(666x3bit)+(345x4bit)+(212x5bit)+(199x6bit)+(93x7bit)+(72x7bit) = 11825bit

8.Nisbah pemampatan = 100%-11825/16384x100%= 27,83

9.Metode Lossless. menghasilkan citra yang sama dengan citra semula, Tidak ada informasi yang hilang, Nisbah/ratio pemampatan sangat rendah

10. Jenis pemampatan pendekatan statistik. Melihat frekuensi kemunculan derajat keabuan pixel
Diposkan oleh rhere di 04.46 0 komentar
Jumat, 11 Desember 2009
pengertian dari bahasa c++ dan fungsi-fungsinya.
Blejar bahasa c++

Memasukkan data dan menampilkan data/informasi merupakan tindakan yang sering dilakukan dalam pemrograman. Penampilan data/informasi biasanya ditujukan ke piranti layar (monitor), sedangkan pemasukan data biasanya dilakukan melalui keyboard.
MENAMPILKAN DATA/INFORMASI KE LAYAR
Untuk keperluan penampilan data/informasi, Turbo C menyediakan sejumlah fungsi, diantaranya adalah PRINTF ( ), PUTS ( ) dan PUTCHAR ( )

PRINTF ( )
Merupakan fungsi yang paling umum digunakan dalam menampilkan data. Berbagai jenis data dapat ditampilkan ke layar dengan fungsi ini.
Bentuk penulisan : printf(“string kontrol”, argumen1, argumen2, …);
- String kontrol dapat berupa keterangan yang akan ditampilkan pada layar beserta penentu format seperti %d, %f. Penentu format dipakai untuk memberi tahu kompiler mengenai jenis data yang akan ditampilkan
- Argumen adalah data yang akan ditampilkan ke layar. Argumen ini dapatr berupa variabel, konstanta atau ungkapan

PUTS ( )
Fungsi ini digunakan khusus untuk menampilkan data string ke layar. Sifat fungsi ini, string yang ditampilkan secara otomatis akan diakhiri dengan \n (pindah baris). Dibandingkan dengan printf(), perintah ini mempunyai kode mesin yang lebih pendek.
PUTCHAR ( )
Digunakan khusus untuk menampilkan sebuah karakter ke layar. Penampilan karakter tidak diakhiri dengan perpindahan baris, misalnya :
putchar(‘A’); sama dengan printf(“%c”, A);
MEMASUKKAN DATA DARI KEYBOARD
Data dapat dimasukkan lewat keyboard saat eksekusi berlangsung. Fungsi yang digunakan diantaranya adalah : scanf ( ), getch ( ), dan getche ( ) .

SCANF ( )
Merupakan fungsi yang dapat digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data. Bentuk scanf ( ) sesungguhnya menyerupai fungsi printf ( ) yang melibatkan penentu format. Bentuk penulisan : scanf(“string kontrol”, daftar argumen);
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemakaian scanf yaitu :
1. scanf memberi pergantian baris secara otomatis, artinya Anda tidak perlu memberi \n untuk berpindah ke baris berikutnya.
2. scanf memakai penentu format, tetapi tidak memerlukan penentu lebar field. Contoh yang salah : scanf(“10.2f”,&gaji);
3. Variabel yang dipakai di dalam scanf harus didahului dengan operator alamat (&).

MEMASUKKAN BEBERAPA DATA SECARA BERSAMA-SAMA
Data dapat dimasukkan secara bersama-sama dalam satu baris. Setiap data dipisahkan oleh sebuah karakter. Karakter-karakter yang dapat bertindak sebagai pemisah data adalah :
- Koma (‘)
- Garis hubung (-)
- Titik dua (:)
- Spasi

GETCH ( ) dan GETCHE ( )
Dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan enter. Fungsi getch() merupakan singkatan dari get character artinya baca karakter tetapi isian data yang dimasukkan tidak akan ditampilkan di layar.
Nama fungsi getche() sebenarnya adalah singkatan dari get character and echo, artinya baca karakter lalu tampilkan di layar. Jadi setelah mengetikkan sebuah huruf, huruf tersebut akan ditampilkan di layar tanpa menekan enter.
Catatan :
- Program yang menggunakan printf(), putchar(), scanf() dan puts() mengandung baris yang berisi #include
- Program yang melibatkan getche() atau getch() mengandung baris yang berisi #include

FUNGSI-FUNGSI NUMERIK
Turbo C mempunyai kurang lebih 450 fungsi dan makro yang dapat dipanggil dari program yang telah dibuat. Fungsi-fungsi tersebut meliputi berbagai hal, misalnya :
- Proses Input Output tingkat tinggi dan tingkat rendah
- Manipulasi string dan file
- Alokasi memori
- Kontrol Proses
- Konversi data
- Perhitungan matematik

Fungsi-fungsi tersebut ada di dalam file library-nya (Cx.LIB, Mathx.LIB dan Graphics.LIB). Huruf x diganti dengan model memori yang dipakai.
Fungsi-fungsi tersebut disimpan di dalam file header (*.H). Fungsi tersebut dapat digabungkan ke dalam program dengan menyertakan file header yang mengandung fungsi atau rutin yang dipakai.

FUNGSI SQRT
Fungsi : Menghitung akar positif dari sebuah bilangan bulat
Include : #include

FUNGSI POW
Fungsi : Menghitung xy
Include : #include

FUNGSI TAN
Fungsi : Menghitung nilai tangent dari sebuah sudut
Include : #include
Fungsi tan menghitung nilai tangent dari sudut x. Sudut x dalam satuan radian. Jika sudut x yang diberikan dekat dengan phi/2 atau –phi/2, hasilnya adalah 0.

FUNGSI DIV
Fungsi : Membagi dua bilangan bulat, memberikan hasil bagi dan sisanya
Include : #include

FUNGSI CEIL
Fungsi : Membulatkan ke atas
Include : #include

FUNGSI FLOOR
Fungsi : Membulatkan ke bawah
Include : #include
Fungsi floor menghasilkan bilangan bulat terbesar yang tidak lebih dari x

FUNGSI EXP
Fungsi : Menghitung ex
Include : #include

FUNGSI MAX
Fungsi : Memberikan bilangan yang lebih besar dari 2 bilangan yang diberikan
Include : #include

FUNGSI MIN
Fungsi : Memberikan bilangan yang lebih kecil dari 2 bilangan yang diberikan
Include : #include
Diposkan oleh rhere di 20.27 1 komentar
Jumat, 04 Desember 2009
Apa yang di maksud dengan flash disk?
USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.

USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

Rabu, 25 November 2009

sistem informasi manajemen terhadap komputer.

1. PENDAHULUAN

Sistem informasi keseluruhan tidak hanya terdapat dalam Sistem informasi manajemen, karena tidak semua informasi di dalam organisasi dapat dimasukkan secara lengkap ke dalam sebuah sistem yang otomatis. Aspek utama dari sistem informasi akan selalu ada di luar sistem komputer.
Di dalam usaha Pengembangan Sistem informasi manajemen yang canggih dengan berbasis komputer memerlukan orang-orang yang mempunyai ketrampilan tinggi dan berpengalaman lama dan memerlukan partisipasi dari para manajer organisasi. Karena banyak organisasi yang gagal membangun Sistem informasi manajemen disebabkan karena :
Pertama, Kurangnya organisasi yang wajar
Kedua, Kurangnya perencanaan yang memadai
Ketiga, Kurangnya personil yang handal
Keempat, Kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat.

Sistem informasi manajemen yang baik adalah Sistem informasi manajemen yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artinya SIM akan menghemat biaya, meningkatkan pendapatan serta tak terukur yang muncul dari informasi yang sangat bermanfaat.
Organisasi harus menyadari apabila mereka cukup realistis dalam keinginan mereka, cermat dalam merancang dan menerapkan SIM agar sesuai keinginan serta wajar dalam menentukan batas biaya dari titik manfaat yang akan diperoleh, maka SIM yang dihasilkan akan memberikan keuntungan dan uang.

Di dalam sebuah Sistem informasi manajemen komputer bukan prasyarat mutlak secara teoritis, namun dalam praktek Sistem informasi manajemenyang baik tidak akan ada tanpa bantuan kemampuan pemrosesan komputer. Prinsip utama perancangan Sistem informasi manajemen: Sistem informasi manajemenharus dijalin secara teliti agar mampu melayani tugas utama.

Sistem informasi manajemen bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam subunit organisasional perusahaan. Sistem informasi manajemenmenyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika.

2.PEMBAHASAN

* manajemen

Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman. Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :

1.Manajemen sebagai suatu proses,
2.Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,
3.Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)

Menurut pengertian yang pertama, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikan oleh para ahli. Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen menurut pengertian yang pertama itu, dikemukakan tiga buah definisi.

selanjutnya, Hilman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.

Menurut pengertian yang kedua, manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen.

Menurut pengertian yang ketiga, manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu pnegetahuan. Mengenai inipun sesungguhnya belum ada keseragaman pendapat, segolongan mengatakan bahwa manajemen adalah seni dan segolongan yang lain mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu. Sesungguhnya kedua pendapat itu sama mengandung kebenarannya.

* komputer

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

definisinya adalah memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.

sistem informasi manajemen

SIM bukan merupakan hal baru. Ruang lingkup SIM sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu “sistem”, “informasi”, dan “manajemen”.
Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Di dalam perusahaan, yang dimaksud elemen dari sistem adalah departemen-departemen internal, seperti persediaan barang mentah, produksi, persediaan barang jadi, promosi, penjualan, keuangan, personalia; serta pihak eksternal seperti supplier dan konsumen yang saling terkait satu sama lain dan membentuk satu kesatuan usaha.

Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untu menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada. Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing

Manajemen terdiri dari proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

*sistem informasi berbasis komputer

SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995)

Selasa, 24 November 2009

cara mencegah virus dari komputer/laptop

Menurut aku ada 6 hal yang mesti kita lakukan supaya komputer tecinta kita nggak terkena atau terjangkit sebuah virus. Otomatis jika kita bicara kemanan komputer maka kita berbicara bagaimana mencegah virus komputer.
ada 6 cara mencegah virus yaitu..

1. Gunakan AntiVirus

Tentu saja ini yang paling penting. Mau nggak mau anti virus seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus. Oh ya! Jika nggk punya duit jangan gunakan antivirus bajakan…gunakan antivirus gratis saja. Tidak kalah hebat kok dalam membasmi virus internet.

2. UPDATE!

Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate. SEMUANYA! baik itu Operating Systemnya, Software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna..pasti ada sebuah celah keamanan. Jangan percaya programmer yang berkata “Software saya sepurna dalam keamanan komputer”

Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update. Karena virus internet juga selalu update dan update.

3. Hati-hati saat browsing

Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus ya jangan kesana. Ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer.

Tapi saya tahu anda sudah kecanduan dengan situs semacam itu. Maka daripada itu jika ada peringatan dari browser anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu..sudah acuhkan saja.

Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.

4. Selalu scan file yang di download

Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya seperti blog ini. Itu Harus tetap diSCAN pakai anti virus. Contohnya setelah anda mendownload ebook gratis, apa anda yakin ebook itu bebas kuman eh maksudnya bebas virus. Atau saat mendapatkan script gratis..apa benar script itu benar-benar aman.

Mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati

5. Hati-hati email

Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email. Apalagi jika mendapat email yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambah itu dikirim oleh orang asing…bisa-bisa virus internet itu mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah ”

6. Baca terus Artikel keamanan komputer

Perkembangan sebuah komputer itu berjalan seperti halnya seekor panther …cepat sekali. Mungkin artikel kemanan komputer yang anda baca 1 bulan yang lalu sudah usang termakan zaman. Jadi terus-teruslah membaca berbagai artikel komputer yang bagus seperti di blog ini :D

Manfaat komputer itu memang banyak sekali. Tapi disaat bersamaan juga muncul hal-hal yang merepotkan supaya keamanan komputer itu terjaga

Sabtu, 21 November 2009

cara mengecilkan gambar/foto.

Artikel komputer kali ini akan membahas cara mengecilkan gambar maupun foto dengan menggunakan Photoshop. Karena ukuran file gambar yang terlalu besar dapat memboroskan harddisk dan jika di upload di website akan menghabiskan bandwith ditambah dengan loading yang lama banget.

Berikut 2 trik photoshop yang biasa bintang lakukan untuk mengecilkan gambar :

Mengurangi ukuran gambar berdasarkan dimensinya, Dalam hal ini untuk mengurangi ukuran width dan height pada foto :

gambar-photoshop1

1. Buku software photoshop anda (Kayaknya semua versi dari 6 sampai CS3, CS4 sudah ada)
2. File- Open, untuk membuka file gambar milik kamu. Sebelumnya Kamu bisa menggunakan Zoom Tool lalu klik Actual Pixels untuk melihat ukuran sebenarnya.
3. Image – Image size (Alt + Ctrl + I), kemudian akan muncul image size windows. Lihat pada bagian Pixel Dimensions. Silahkan nilainya diubah-ubah pada bagian widht dan height. Bintang biasanya mengubah dulu satuannya ke persen untuk memudahkan mengecilkan foto.

Mengurangi ukuran gambar berdasarkan ukuran filenya, dalam hal ini dihitung menggunakan satuan Kb,Mb dsb. Dan berikut triknya jika menggunakan photoshop :

gambar-photoshop2

1. Pertama tentu saja buka gambar atau foto yang kamu miliki. Kalau nggak! gimana cara mengecilkannya kalau nggak ada file yang mau dikecilkan.
2. File – Save For Web and Devices (Alt + Shift + Ctrl + S), Anda akan melihat 4 layar kecil yang menunjukkan ukuran file yang berbeda. Anda cukup memilih salah satu! Tapi jika ingin dioptimalkan lagi mengecilkan gambarnya… silahkan ubah sendiri nilainya pada bagian Preset.
3. Jika sudah klik save, Jangan Lupa! Pada bagian Save as Type pilih “images only”. Dan selesai.

Nah dengan begitu foto narsis anda ukurannya dapat mengecil. Dan jika di upload akan cepat dan dapat menghemat bandwith. Bintang juga selalu melakukan cara diatas setiap kali posting di blog ini, terlebih dahulu bintang mengecilkan gambar dengan trik photoshop tersebut.

Selasa, 27 Oktober 2009

cara membuat animasi GOL CANTIK

Nama:Rehkita ayuningtias (31108600)
Annis Chaerunnisa (30108267)
Ahmad Murdyanto (301081380
Kelas: 2DB09
Cara membuat animasi :

1. Klik Brush tool Pada Toolbox.

2. Kemudian tulis judul “Gol cantik” pada area Stage sesuai dengan
imajinasi anda. Seperti pada gambar 1.22






Gambar 1.22 Judul animasi.
3. Apabila gambar yang dibuat kurang sempurna, Untuk menghapusnya
gunakan Eraser tool yang ada pada Toolbox lalu sempurnakan
gambar sebelumnya.
4. Klik kanan pada Frame 15 lalu pilih Convert to blank keyframes
seperti pada gambar 1. 23









11


klik kanan di sini










Gambar 1.23 timeline yang sudah di sorot.












pilih yang ini

5. Kembali pada Stage yang masih kosong, Klik kembali Brush tool
lalu ubah Brush shape Pilih brush yang berbentuk bulat.
6. Mulailah menggambar karakter sederhana seperti gambar di bawah ini.






Gambar 1.24 Bentuk manusia dengan latar belakang gawang sepak bola.

7. Klik pada Frame 22, lalu klik kanan pilih Convert to blank
keyframes.





Onion skin
Gambar 1.25 Timeline yang telah di sorot pada frame 22.

8. Pada Frame 22 Ubahlah gambar sebelumnya dengan cara aktifkan Onion
skin untuk melihat pola gambar sebelumnya seperti pada gambar 1.
26



12











Contoh Brush Tool







Gambar 1.26 Timeline yang telah di 0nion skin pada frame 22.

9. Dengan Timeline yang telah di Onion Skin , secara otomatis gambar
pada Frame sebelumnya langsung menjadi kabur.
10. gambar ulang bentuk gawang mengikuti pola gambar sebelumnya seperti
gambar 1. 27.



Gambar gawangnya


Gambar 1.27 gambar ulang gawang setelah di Onion skin.
11. Setelah selesai menggambar gawangnya, sekarang gambar juga penjaga
gawangnya, seperti gambar berikut.



Gambar bagian atas


Gambar 1.28 gambar ulang bagian tubuh atas setelah di Onion skin.



13




12. Setelah selesai menggambar bagian atas, sekarang gambar juga bagian
tubuh tengah seperti berikut.


Gambar tubuh bagian tengah



Gambar 1.29 gambar ulang bagian tubuh tengah setelah di Onion skin.
13. Setelah selesai menggambar bagian tubuh tengah, sekarang gambar juga
bagian celana kiper, karena ada pola gambar lama ubahlah sedikit saja.
seperti gambar berikut.


Gambar celana



Gambar 1.30 gambar celana setelah di Onion skin.
14. Sekarang gambar juga bagian kaki kiper, seperti gambar berikut.







Gambar 1.31 gambar celana setelah di Onion skin.

15. Untuk melihat hasilnya, Non aktifkan union skin dengan cara, klik
kembali Onion skin . hasilnya bisa anda lihat seperti pada gambar di
bawah ini.





Gambar 1.32 Hasil setelah kembali di klik Onion skin.

14


16. Kita masih bermain Frame by frame, Klik kanan di frame 30 pilih
Convert to blank keyframes.





Gambar 1.33 Timeline dengan frame 30 yang telah di sorot.
17. Untuk Frame 30, Ubah gambar seperti gambar berikut.







Gambar 1.34 Sang pemain siap menendang bola.

18. Klik kanan pada Frame 40, pilih Convert to blank keyframes.





Gambar 1.35 Timeline yang telah di sorot.
19. Aktifkan kembali Onion skin , cara kerjanya sama seperti sebelumnya,
mengubah gambar yang sudah ada pada Stage.
20. Klik Brush tool , mulailah mengambar Seperti berikut.







Gambar 1.36 Sang pemain dengan gerakan berbeda.


15



21. Klik kembali Onion skin apabila gambar telah selesai di buat.








Gambar 1.37 hasil menggambar dengan Onion Skin.

22. Klik kanan pada Frame 48 pilih Convert to blank keyframes seperti
pada gambar 1. 38.






Gambar 1.38 Timeline dengan frame 48 yang telah di sorot.

23. Buat kembali pemain bola dengan gerak yang lebih seru lagi pada area
Stage yang masih kosong, seperti gambar 1. 39







Gambar 1.39 Pemain bola dengan posisi terbang.

24. Pada Timeline, Sorot kembali Frame 55, Klik kanan pilih Convert to
blank keyframes.




Gambar 1.40 Timeline dengan frame 55 yang telah di sorot.

16


25. Gambar kembali karakter Sang penendang dengan posisi seola-olah
bolanya terbang mendekat. Lihat gambar 1. 41.







Gambar 1.41 Bola terbang 1.

26. Kini Sorot Frame 65 klik kanan pilih Convert to blank keyframes.






Gambar 1.42 Time line dengan frame 65 yang telah di sorot.

27. Aktifkan Onion Skin , gambar ulang adegan “Bola terbang 1“.








Gambar 1.43 Bola terbang 2.


28. Sorot kembali Frame 75, Klik kanan pilih Convert to blank key
frames.





Gambar 1.44 Timeline dengan frame 75 yang telah di sorot.


17


29. Stage kembali kosong, gambar ulang karakter sang kiper dengan posisi
berikut.






Gambar 1.45 Posisi kiper 1

30. Masih seperti sebelumnya, Pada Timeline sorot kembali Frame 85, Klik
kanan pilih Convert to blank keyframes lihat gambar 1. 46





Gambar 1.46 Timeline dengan frame 85 yang telah di sorot.

31. Aktifkan Onion Skin pada Frame 85.
32. Gambar ulang karakter sang kiper seperti gambar 1. 47







Gambar 1.47 Posisi kiper 2, setelah di Onion Skin.
33. Apabila anda menginginkan mata kuas yang lebih kecil, atau yang lebih
besar, atur pada bagian brush size
34. Pada Timeline, Sorot kembali Frame 93, Klik kanan pilih Convert to
blank keyframes. Lihat gambar 1. 48




Gambar 1.48 Timeline setelah di klik kanan pada frame 93.

18


35. Kembali klik Onion Skin , untuk mengulangi gambar yang sudah
ada.
36. Dengan Brushtool mulailah lagi menggambar “sang kiper” pada
Stage seperti gambar 1. 49 berikut.






Gambar 1.49 Posisi kiper 3, setelah di Onion Skin.
37. Non aktifkan onion Skin .
38. Sorot kembali Frame 100, seperti sebelumnya klik kanan, pilih Convert
to blank keyframes.





Gambar 1.50 Timeline setelah di Convert to blank keyframes di Frame 100.
39. Klik lagi Brush tool dan mulailah lagi menggambar adegan di bawah
ini.






Gambar 1.51 Posisi kiper 3
40. Sorot kembali Frame 109, klik kanan lalu pilih Convert to blank
keyframes.




Gambar 1.52 Timeline setelah di sorot pada frame 109.
19


41. Siapkan lagi Brush tool dan mulailah lagi menggambar adegan
berikut di tengah area Stage.






Gambar 1.53 Sang penendang berhasil mencetak gol.
42. Sorot kembali frame 117, klik kanan pilih Convert to blank
keyframes.





Gambar 1.54 Timeline setelah di sorot pada frame 117
43. Klik kembali Brush tool dan mulailah menggambar adegan “ mer-
ayakan kemenangan 1 “ seperti gambar 1. 55.







Gambar 1.55 Merayakan kemenangan 1.
44. Sorot kembali Frame 125, klik kanan lalu pilih Convert to blank key-
frames.




Gambar 1.56 Timeline setelah di convert to blank keyframes di Frame 125.
45. Kembali klik Onion Skin , untuk mengulangi gambar yang sudah
ada.

20



46. Klik Brush tool dan mulailah mengubah gambar ‘ Merayakan keme-
nangan “ menjadi seperti gambar di bawah ini.






Gambar 1.57 Merayakan kemenangan 2.

47. Non aktifkan Onion Skin .
48. Setelah itu pada Timeline, Sorot Frame 135, klik kanan pilih Convert to
blank keyframes seperti pada gambar 1. 58





Gambar 1.58 Timeline setelah di convert to blank keyframes di Frame 135.

49. Masih dengan Brush tool , Ubahlah gambar sang pemain bola seperti
Gambar 1. 59 berikut.






Gambar 1.59 Merayakan kemenangan 3.

50. Sorot kembali Frame 150, Klik kanan lalu pilih Convert to blank
keyframes.




Gambar 1.60 Timeline yang telah di sorot pada frame 150.


21



51. Kembali klik Onion Skin , untuk mengulangi gambar yang sudah
ada.
52. klik Brush tool , Lalu mulailah menggambar adegan “ Merayakan
kemenagan 4” lihat gambar 1. 61.






Gambar 1.61 Merayakan kemenangan 4.
53. Non aktifkan Onion Skin .
54. Sorot kembali Frame 160, Kembali klik kanan lalu pilih Convert to
blank keyframes lihat gambar 1. 62





Gambar 1.62 Timeline yang telah di sorot pada frame 160.
55. Dengan Brush tool Gambar kembali adegan ‘Merayakan kemenangan
5” dengan pose sebagai berikut.







Gambar 1.63 Merayakan kemenangan 5.
56. Sorot Frame 170, Klik kanan dan pilih Convert to blank keyframes.





Gambar 1.64 Timeline yang telah di sorot pada frame 170.

22



57. Klik Brush tool , Ubah Brush shape dengan yang berbentuk
kotak
58. Pada area Stage tulis “The end “ lihat gambar 1. 58
59. Klik kanan pada Frame 210 lalu pilih Insert frame.



i








Gambar 1.65 Tilisan “The end” di Frame 210.
60. Tekan Cntrl+S, Untuk menyimpan File.
61. Jalankan animasi dengan menekan Cntrl+Enter pada keyboard.



************

Selasa, 20 Oktober 2009

mengenal motivasi.

menurut gue sukses adalah keinginan tiap orang, ada satu hal penting dalam meraihnya, yaitu motivasi. Motivasi dapat membuahkan kedisiplinan, keuletan dan lain-lain. Motivasi adalah merupakan ruh dari jasad pribadi yang ingin sukses. motivasi merupakan suatu penggabungan keinginan dan energi dalam mencapai suatu tujuan. Dengan keinginan orang tau kemana akan melangkah, dengan energi orang akan dapat menggerakkan apa yang ada padanya untuk mencapai keinginan itu. Motivasi seperti udara bagi kehidupan. Sangat berperan penting bagi jiwa-jiwa yang ingin sukses.okeeee??

Jumat, 16 Oktober 2009

punya sahabat baru.horeee!

heii..
Akan kuberitahukan kepada kalian
Bahwa sekarang aku telah memiliki Sahabat Sejati loh.
Bukan aku yang menemukannya, tapi dialah yang menemukan aku.
Kini Dia mau menjadikan aku miliknya.
Dan Dia mau menjadi milikku untuk menemani hari-hariku.

tau ngga kamu.
Sungguh, ini sangat membuatku bahagia.
Aku bisa menjadi milik dan memilikinya.
aku berharap untuk selamanya,sekarang aku bersahabat dengannya.Waaauuu, ini sangat luar biasa.Aku bisa selalu berada di dekatnya,karena dia berjanji untuk tidak akan pernah meninggalkanku,aku pun juga tidak ingin meninggalkannya aku tidak akan pernah bisa hidup tanpa sahabatku.karena dia segala-galanya bwt aku,sumber inspirasi,sumber bahagia dan yang paling penting dia yang slalu menyuport aku disaat aku lagi susah.
Tahukah kalian bahwa dia selalu, selalu, dan selalu memberikan yang tebaik untukku.
Dia selalu mempertimbangkan dulu segala sesuatu yang akan dia berikan untukku.
Meskipun seringkali awalnya aku sulit memahami sifatnya.
Tapi pada akhirnya aku selalu dan akan selalu percaya bahwa dia melakukan yang terbaik untukku.dan aku sekarang mmpunyai teman atau sahabat baru yang oke banget.ihhhh..seneng deh.

Selasa, 13 Oktober 2009

hitunglah posisi pixel hingga membentuk sebuah garis yang mengubungkan titik (13,11) & (19,15
-Endpoint awal p1(13,11) & (x0,y0)
akhir p2 (19,15)
syarat |m|<1
∆x = x2-x1=19-13=16
∆y = y2-y1=15-11=4

2∆y = 2.4=8
2∆x=2.6=12
2∆y-2∆x=2.4 -2.6 =-4
po=2∆y-∆x=8-6=2